AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK BERI ARAHAN : Komandan Kodim Kota Depok, Letkol Inf Iskandarmanto saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Lapangan Makodim 0508/Depok, Jalan Pramuka, Pancoranmas.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERI ARAHAN : Komandan Kodim Kota Depok, Letkol Inf Iskandarmanto saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Lapangan Makodim 0508/Depok, Jalan Pramuka, Pancoranmas.

DEPOK – Kenakalan remaja di Kota Depok semakin tidak terbendung, terbukti dari beberapa kasus kejahatan di Kota Depok yang dilakukan sebagian remaja, mulai dari geng motor, penjarahan hingga keterlibatan dalam penyalahgunaan Narkoba.

Dengan demikian Kodim 0508/Kota Depok rutin menggelar pelatihan 4 pilar kebangsaan yang dilakukan di Kota Depok. Menurut Dandim 0508/Kota Depok, Letkol Inf Iskandarmanto, kepedulian dengan generasi muda ditunjukan dengan berbagai kegiatan pelatihan 4 pilar kebangsaan, yang dilakukan di sekolah yang ada di Kota Depok.

“Kami peduli dengan kenakalan yang semakin marak, khususnya di Kota Depok,” kata Dandim kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Saat pelaksanaan, Kodim menggandeng Dinas Pendidikan dan kepolisian untuk memberi pemahaman 4 pilar ke sekolah-sekolah. “Kami sengaja mendatangi sekolah-sekolah khususnya SMP dan SMA,” papar dia.

Dalam kegiatan tersebut, mengumpulkan ketua OSIS untuk diberikan pemahaman kebangsaan, untuk menjadi pioner di sekolahnya masing-masing. “Kami sengaja untuk menanamkan, agar siswa memahami empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Sehingga diharapkan siswa memiliki jiwa nasionalisme dan mencintai bangsa Indonesia, terhindar dari kenakalan remaja yang belakangan semakin marak. Selain melakukan pelatihan terhadap siswa sekolah, dia mengaku memerintahkan Babinsa untuk berkeliling di setiap sekolah saat pelaksanaan upacara bendera.

Jadi, sambugnnya dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan Kodim 0508/Kota Depok, pemuda lebih memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. Selain itu, dia juga berharap dengan pemahaman yang didapatkan pelajar sejak SMP dan SMA akan terus ditanamkan dalam jiwa remaja di Kota Depok. “Kita berharap dapat membentuk jiwa nasionalis bagi remaja di Kota Depok,” pungkas Dandim.(cr2)