RICKY/RADAR DEPOK PARTISIPASI: Jajaran KPU Kota Depok dan agen sosialisasi saat bimbingan teknis dan peresmian agen sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 di Saung Telaga Jalan Raya Sawangan Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoranmas, Selasa (6/2).
RICKY/RADAR DEPOK
PARTISIPASI: Jajaran KPU Kota Depok dan agen sosialisasi saat bimbingan teknis dan peresmian agen sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 di Saung Telaga Jalan Raya Sawangan Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoranmas, Selasa (6/2).

 DEPOK Sebagai bentuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub Jabar 2018. KPU Kota Depok membentuk agen sosialisasi yang terdapat di 11 kecamatan di Kota Depok.

Kemarin, penyelenggara pemilu ini mengadakan bimbingan teknis dan peresmian agen sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018, di Saung Telaga Jalan Raya Sawangan Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoranmas, Selasa (6/2).

“Ini bagian dari usaha KPU untuk menyukseskan partisipasi pemilih. Sesuai dengan konsep Ketua KPU Jabar yang menginginkan Pilgub semarak dan masyarakat menyambut dengan sukacita,” kata Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati.

Slogan memberikan pembelajaran dan wisata politik, sambung Titik, karena Jabar menjadi wilayah pemilih terbesar, bahkan orang bilang Pilkada 2018 disebut tahun politik, tokoh politik dan parpol sedang pasang gas, untuk melaksanakan tahapan pemilu 2019.

“Kami berharap, agen sosialisasi ini menjadi kepanjangan KPU untuk mensosialisasikan tahapan dan pelaksaan kepada orang sekitar yang dijumpainya,” kata Tititk.

Kemudian, ia berharap agar agen sosialisasi dapat menyampaikan dan mendidik masyarakat tentang tahapan demokrasi menjadi lebih sehat. Sebab, dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa, jika hanya KPU dan jajarannya yang mensosialisasikan, tentu merupakan pekerjaan yang berat.

“Kami berharap kita bersama bisa mensukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih. Pada Pilgub Jabar 2013  ada 51 persen. Di tahun ini saya harap Pilgub semarak dan masyarakat menyambut dengan gembira,” tandasnya.

Komisioner KPU Kota Depok, Nana Sobharna menambahkan, KPU Kota Depok yang menjadi bagian dari Provinsi Jabar yang melaksanakan Pilgub diamanahkan membentuk agen sosialisasi. Sebelumnya, saat Pilkada, pihaknya membentuk relawean demokrasi.

Menurutnya, prinsip tugasnya yakni bangaimana meningkatkan kualitas Pilkada, partisipasi pemilih dan mengajak masyarakat Depok untuk sama-sama peduli terhadap pesta demokrasi.

“Secara pribadi ucapkan terima kasih. Ini bagian dari ikhtiar kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Saya berharap agar agen sosial dapat menjaga kode etik, menjaga netralitas, independen dan mengedepankan prinsip-prinsip pemilu,” ucap Nana. (cky)