SANI/RADAR DEPOK AYO BELI: Siswa level 7 SMPIT Al Haraki mengadakan kegiatan acara Fun Cooking di halaman sekolah, Sabtu (3/2).
SANI/RADAR DEPOK
AYO BELI: Siswa level 7 SMPIT Al Haraki mengadakan kegiatan acara Fun Cooking di halaman sekolah, Sabtu (3/2).

Peran orang tua siswa level 7 SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Haraki menjadi kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan kegiatan fun cooking, Sabtu (3/2). Orang tua siswa yang tergabung dalam Komite Sekolah dan juga Koordinator Level (korlev), menjadi panitia dalam acara yang digelar di halaman sekolah tersebut.

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

 

Fun cooking dipilih karena selaras dengan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa level 7 SMPIT Al Haraki, yakni memasak. Seluruh siswa dan orang tua terlibat dalam pembuatan kegiatan tersebut.

“Kami (orang tua siswa, red) ingin buat kegiatan tuh yang melibatkan semuanya. Bukan hanya siswa dan sekolah saja. Menurut kami kegiatan ini cocok,” kata koorinator level, Jusof Marsyal kepada Radar Depok ditemui di sekolah beralamat di Jalan Belimbing 3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Fun cooking merupakan lomba memasak yang ditujukan untuk level 7 yang terbagi dalam empat kelas. Yakni An Naba, Al Kautsar, Ash Shafaat, Az Zumar. Mereka mempunyai nama unik, yakni Galaxzyo.

“Selain lomba memasak, kegiatan tersebut juga diisi pentas seni dan bazar. Setiap siswa dari masing-masing kelas dibagi perannya. Jadi semua terlibat,” kata Jusof.

Ketua panitia penyelenggara, Agnes Wirdayanti melanjutkan, selain mengasah kemampuan anak dalam memasak, dalam ketiga kegiatan tersebut siswa juga diajarkan cara dalam berwirausaha dan menampilkan kreativitas siswa dalam bidang seni.

“Salah satunya di bazar, mereka belajar caranya berkomunikasi dengan pelanggan dalam menjajakkan produk, dan mengemas stand-nya agar menarik pelanggan untuk datang,” ujar Agnes.

Agnes sangat terpaku dengan kolaborasi antara seluruh orang tua siswa level 7. Kegiatan acara fun cooking juga bisa dikatakan sebagai ajang family gathering.

“Ini adalah terobosan baru. Family gathering nggak harus di luar, tapi di sekolah bisa dengan kita kemas semenarik mungkin,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala SMPIT Al Haraki Bidang Humas, Abdul Fariz Naim sangat mengapresiasi kolaborasi antara siswa dan orang tuanya dalam membuat acara kegiatan fun cooking.

“Apapun yang orang tua inginkan, kami selaku sekolah akan memfasilitasinya. Semoga orang tua siswa selalu bisa berkolaborasi dengan sekolah, dan saling dukung di kegiatan positif lainnya,” tutup Fariz. (*)