INDRA/RADARDEPOK KOMPAK : Pengurus Majelis Budaya Betawi Cinere (MBBC) bersama Lurah Cinere Pupung Purwawijaya foto bersama selepas rapat bersama.
INDRA/RADARDEPOK
KOMPAK : Pengurus Majelis Budaya Betawi Cinere (MBBC) bersama Lurah Cinere Pupung Purwawijaya foto bersama selepas rapat bersama.

DEPOK – Majelis Budaya Betawi Cinere (MBBC), bakal mengikuti  perhelatan Festival Kemang 5-6 Mei mendatang. Nantinya jawara Cinere ini akan mengirimkan tim pencak silat Palang Pintu ke Jakarta.

Ketua MBBC, Nahrowi mengaku, akan ikut meramaikan festival palang pintu yang biasa diselenggarakan dalam Festival Kemang. MBBC berupaya meraih prestasi di event kreasi budaya Betawi ini, karena sebelumnya pernah mengukir prestasi pada ajang tersebut.

Seperti tahun sebelumnya, kata dia para personel yang ditampilkan, masih mengandalkan tim pencak silat palang pintu dari sanggar seni budaya Betawi Saung Dji’ih. Ini lantaran sanggar tersebut masih sangat konsen dan konsisten mengembangkan seni budaya betawi di wilayah Cinere.

Memang ada beberapa kelompok masyarakat yang masih peduli dengan pelestarian seni budaya Betawi. Namun, Sanggar Saung Dji’ih lebih eksis dan konsisten dalam melaksanakan pengembangan seni budaya Budaya Betawi. “Wajar jika personelnya juga lebih handal dan terlatih, sehingga layak untuk ditampilkan dalam event sekelas Festival Kemang,” imbuhnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Rencana jajaran pengurus MBBC mengirim peserta dalam Festival Kemang disambut baik Lurah Cinere, Pupung Purwawijaya.

Menurut lurah, pengurus MBBC yang sangat peduli terhadap upaya pelestarian seni budaya Betawi, yang notabene merupakan bagian dari Budaya Tradisional Indonesia. Jadi, patut diapresiasi. “Kalah menagng biasa, yang terpenting budaya Betawi masih dapat dilestarikan di Cinere,” singkatnya.(dra)