DICKY/RADAR DEPOK KOMPAK: Pengurus Ikapede Kota Depok menggelar bakti sosial di Terminal Depok, Kecamatan Pancoranmas, beberapa hari silam.
DICKY/RADAR DEPOK
KOMPAK: Pengurus Ikapede Kota Depok menggelar bakti sosial di Terminal Depok, Kecamatan Pancoranmas, beberapa hari silam.

Banyak cara untuk membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, terutama terhadap anak jalanan. Seperti yang dilakukan Ikatan Perias Depok (Ikapede) di Terminal Depok. Untuk membantu anak jalanan, Ikapede memberikan bantuan sembako dan sejumlah keperluan lainnya.

Laporan: Dicky Agung Prihanto

 

Suasana keceriaan dirasakan anak jalanan yang tergabung dalam Paguyuban Terminal (Panter) di Terminal Depok.

Terlihat, sejumlah anggota Ikapede berbaur dengan sejumlah anak jalanan yang dianggap sebelah mata dari kalangan tertentu.

Usai melaksanakan kegiatan bakti sosial, Ketua Ikapede Kota Depok, Ros Tantri mengatakan, Ikapede merupakan wadah silahturahmi dan terbentuk sejak Oktober 2014, yang terdiri dari sejumlah perempuan yang berprofesi sebagai perias pengantin maupun perias segala hal.

“Kami juga rutin melaksanakan bakti sosial dan kali ini terhadap anak jalanan,” ujar Ros.

Ros mengungkapkan, saat ini anggota Ikapede telah mencapai 100 orang yang memiliki usia 22 tahun hingga 55 tahun. Selain melaksanakan baksos, Ikapede aktif dalam kegiatan keagamaan, salah satunya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dengan aktifnya wadah Ikapede, pihaknya berharap dapat menjaring perias-perias di Kota Depok untuk bergabung dalam Ikapede.

Sementara itu, Sekretaris Ikapede, Lilis Lalita menuturkan, Baksos merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Ikapede.

Ada sejumlah bantuan yang diberikan kepada anak jalanan yang tergabung dalam Panter. Diantaranya, paket sembako untuk 100 anak asuh, bantuan modal usaha, lima alat musik, pemeriksaan kesehatan HIV/AIDS, potong rambut gratis, pakaian layak.

“Tahun lalu kami memberikan 800 paket takjil kepada pengguna jalan saat Ramadan,” tutup perempuan berhijab ini. (*)