AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK BERSIHKAN MATERIAL LONGSOR : Petugas dari Dinas PUPR Kota Depok sedang membersihkan material tebing longsor di kawasan RT03/RW18, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERSIHKAN MATERIAL LONGSOR : Petugas dari Dinas PUPR Kota Depok sedang membersihkan material tebing longsor di kawasan RT03/RW18, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, kemarin.

DEPOK – Perumahan Pondok Tirta Mandala di RW18, Kelurahan Sukamaju, Cilodong, kemarin malam terendam. Itu diakibatkan aliran Kali Jantung tertutup longsor di RT6/5 Sukamaju yang hampir merubuhkan rumah Sutar. Kendati nyaris longsor, Sutar keukeuh tidak mau meninggalkan rumah ketempat yang lebih aman.

Menurut Lurah Sukamaju, Nurhadi, rumah tersebut dihuni 7 jiwa, dengan tiga buah Kartu Keluarga (KK), yaitu keluarga Sutar sebanyak tiga jiwa, Keluarga Aju Kurniadi sebanyak 3 jiwa, dan keluarha Zaenal Abidin dua orang.

Awalnya mereka bertempat tinggal di Gang Binangkit RT3/1 kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis. Tapi mereka telah membeli rumah tersebut sejak tahun 2000. “Kalau rumahnya masih atas nama Rohim, tapi sudah dijual ke Pak Sutar, namun belum mengurus surat-suratnya,.” kata Nurhadi kepada Harian radar Depok, kemarin.

Namun demikian, meski rumahnya hampir saja terseret longsong ketika kepala keluarga yang menempati rumah tersebut tidak mau meninggalkan rumah tersebut. Menurut Ketua Rw 18, tim gabungan dari LPM, Tagana, PMI, dan Karang Taruna sempat menawarkan mengevakuasi untuk meninggalkan rumah yanjg berada di bibit tebing, tapi mereka tidak mau.

“Kondiri rumah Sutar sangat berbahaya, kalau ada hujan lebat lagi, rumahnya bisa ikutan longsor,” kata Ketua Rw 18, Ardi.

Pihak tim gabungan hanya mengantisipasi agar rumah yang berada di bibir tebing tersebut tidak ikut ambruk.

Sementara itu, longsoran yang sempat menutupi aliran Kali Jantung juga sudah berhasil diangkat alat berat. Sehingga aliran kali jantung sudah kembali normal, dan tidak ada lagi luapan air kerumah warga.

Sebelumnya, setelah longsor menutup aliran Kali Jantung, air sempat merendan sebagian rumah di Pondok Tirta Mandala, hingga akhirnya surut sekitar pukul 22.00 WIB. “Air sempat menggenang, tapi tidak sampai masuk ke rumah, ada sebagian rumah saja yang tergenang,” kata Ardi kepada Radar Depok.

Seperti diketahui sebelumnya, Selasa (7/1) sekitar pukul 17.15 WIB telah terjadi longsor di RT6/5 dan perbatasan Kali Jantung, Pondok Tirta Mandala RT3/18. Tebing ongsor dengan lebar Sekitar 20 meter dan tinggi sekitar 7 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (cr2)