IRWAN/RADAR DEPOK KOMPAK : Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna bersama pengurus PWI, wartawan Depok, dan tamu undangan saat merayakan HPN ke-72 dengan sederhana di kantor PWI Depok Jalan Melati, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas, kemarin.
IRWAN/RADAR DEPOK
KOMPAK : Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna bersama pengurus PWI, wartawan Depok, dan tamu undangan saat merayakan HPN ke-72 dengan sederhana di kantor PWI Depok Jalan Melati, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas, kemarin.

DEPOK-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-72, di markasnya Jalan Melati, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoramas, kemarin. Acara sederhana namun bermakna, diawalai pemotongan tumpeng yang sudah disediakan panitia.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna yang hadir berucap, HPN sebagai hari istimewa bagi para insan pers di seluruh Tanah Air, khusus wartawan yang bertugas di Depok. Untuk itu peran wartawan khususnya yang tergabung dalam wadah PWI sangat vital dalam pembangunan Kota Depok. “Tanpa adanya pers pembangunan Depok berjalan kurang sempurna,” kata Pradi, kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, media merupakan garda terdepan yang menyampaikan informasi dan pembangunan Depok di masyarakat. Jadi, di momen HPN ini Pemerintah Kota Depok, inginkan agar pers bisa bersingergi dengan Pemkot Depok. Tentu kaitannya dalam upaya membangun dan memajukan masyarakat menjadi lebih baik. “Kita adalah mitra dengan wartawan,” terangnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengapresiasi acara HPN yang diselenggarakan PWI Kota Depok. Dia mengaku, selama bertugas delapan bulan, dirinya memahami benar peran wartawan.

Menurutnya, selama ini wartawan memiliki peran dan andil yang cukup besar dalam membangun Kota Depok.  Ia juga berharap, antara wartawan yang bertugas di Depok dapat bersinergi untuk membangun kota ini. “Terlebih lagi dalam upaya menciptakan Kota Depok yang maju dan lebih baik,” kata Sidik.

Masih dilokasi yang sama, Ketua PWI Depok, Hendri Arifianto mengatakan, acara HPN yang digelar PWI Depok sesuai intruksi dari PWI pusat. Kegiatan ini digelar secara sederhana.  “Sesuai pesan dari PWI pusat, HPN saat ini mengangkat tema Pers Mempererat Tali Persaudaraan Bangsa,” kata Hendri.

Dengan tema itu, jelas wartawan Nonstop (Group Jawapos), kondisi itu dilatarbelakangi banyak berita dan informasi yang beredar di masyarakat. Berita hoax, lanjut Hendri bisa mengacam kehancuran bangsa.

”Tugas kami sebagai insan pers membangun bangsa ini melalui pemberitaan yang jelas narsum dan ada nilai edukasi. Pemberitaan yang baik itu bagian dari mempererat persatuan NKRI,” tandas Hendri.

Selain Wakil Walikota Depok dan Kadiskominfo Depok, turut hadir juga, Kepala kantor Imigrasi kelas II Depok Dadan Gunawan, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasbullah Rahmat, Humas DPD PKS Depok Wahid, Ustad Muttaqin, Ketua Kadin Depok Miftah Sunandar, Ketua KPU Depok Titik Nurhayati, LSM dan lainnya.(irw)