AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK SIMULASI : Sejumlah perwakilan pegawai dan unit kerja dari berbagai wilayah PLN TJBB mengikuti lomba penggunaaan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan simulasi penanganan kecelakaan (P3K) dalam rangka peringatan bulan K3 Nasional di Lapangan Kantor PLN TJBB, Gandul, Cinere, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
SIMULASI : Sejumlah perwakilan pegawai dan unit kerja dari berbagai wilayah PLN TJBB mengikuti lomba penggunaaan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan simulasi penanganan kecelakaan (P3K) dalam rangka peringatan bulan K3 Nasional di Lapangan Kantor PLN TJBB, Gandul, Cinere, kemarin.

DEPOK – Api mendadak berkobar di kantor PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan Gandul, Cinere, Kamis (8/2). Api begitu cepat menjalar hingga ke lapangan belakang kantor. Beruntung pegawai PLN begitu sigap memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Kebakaran hebat yang terjadi di TJBB ini, merupakan simulasi yang dilakukan untuk memperingati bulan K3 Nasional tahun 2018.

Menurut Deputi Manager Lingkungan dan Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN TJBB Gandul, Darul Irfan. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai gerakan membudayakan K3 dilingkungan PT PLN. “Simulasi ini kami buat seperti lomba yang diikuti oleh para mitra, perwakilan pegawai dan unit kerja di wilayah PLN TJBB,” kata Darul Irfan kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Kegiatan tersebut, sambungnya untuk mendorong tercapainya Bangsa Indonesia berbudaya K3 tahun 2020. Sebelum memulai lomba, pihaknya juga mengadakan apel dan gelar alat kerja oleh seluruh pegawai PLN TJBB dan Para Mitra Kerja.

“Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia, marilah kita tingkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan PT PLN, dengan melakukan langkah yang komprehensif guna mengurangi kecelakaan dan merugikan,” papar dia.

Dia berharap dalam penerapan K3 dilingkungan kerja, pihaknya meminta seluruh managemen untuk sama-sama menerapkan pola K3 dilapangan. “Kecelakaan dan penyakit akibat kerja menjadi tanggung jawab kita bersama, sehigga setiap pekerka harus mampu memiliki keteramnpilan K3,” papar Darul Irfan.

Dalam kesempatan tersebut pihak PLN bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Kota Depok, yang sekaligus memberi pemahaman kepada pegawai untuk melakukan langkah awal jika terjadi kebakaran dilingkungan kerja.

“Dengan ini kami berharap tidak akan adalagi kecelakaan kerja di lingkungan PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan Gandul, Cinere yang membawahi pasokan listrik se Jawa dan Bali,” tandasnya.(cr2)