IRWAN/RADAR DEPOK IKUT BANTUIN : Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto dan Komadan Kodim 0508 Inf. Moch, Iskandarmanto bersama para anggotanya ikut membantu warga yang menjadi korban luapan Sungai Ciliwung di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, kemarin.
IRWAN/RADAR DEPOK
IKUT BANTUIN : Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto dan Komadan Kodim 0508 Inf. Moch, Iskandarmanto bersama para anggotanya ikut membantu warga yang menjadi korban luapan Sungai Ciliwung di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, kemarin.

DEPOK-Banjir di sejumlah titik di Kota Depok akibat luapan Sungai Ciliwung berangsur surut, kemarin siang. Kendati masih diiringi hujan yang tak henti, lumpur dan sampah yang memenuhi rumah dan pemukiman yang terdampak banjir mulai dibersihkan.  Selain, SDA dan Damkar, Kodim 0508 serta Polresta Depok juga ikut membersihkan, sekaligus memberikan bantuan berupa sembako dan obat-obatan.

“Giat bakti sosial ini sebagai tindak lanjut perintah Kapolda Metro Jaya untuk mendatangi langsung lokasi banjir,” kata Kapolresta Depok, Kombes Pol Didik Sugiarto, kepada Radar Depok, kemarin.

Instruksi ini, kata dia, untuk mengetahui lebih jelas kondisi di lapangan secara langsung dari para warga yang terkena musibah banjir.

Bantuan diberikan, sebut Didik di beberapa lokasi antara lain, bantaran sungai Jalan Juanda di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, dan Jalan Kebahagian Jalan Bukit Pasri Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis. ”Kami (Polresta) bersama Kodim 0508 bantu membersihkan lumpur pasca banjir,” ucapnya.

Masih dilokasi yang sama, Komandan Inf. Moch, Iskandarmanto menuturkan, pihaknya menginstruksikan jajarannya di sejumlah Koramil di Depok untuk turun langsung membantu warga melakukan pembersihan pasca banjir dan longsor, di beberapa wilayah Depok. “Kami melakukannya bersama kepolisian serta berkordinasi dengan instansi lainnya,” terang Iskandarmanto.

Bahkan, dirinya sempat turut membantu membersihkan lumpur dan sampah dari rumah warga di Kemirimuka, Kecamatan Beji, yang terkena banjir. ”Kami bersama Polresta Depok ikut serta bantu,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, meski banjir telah surut pihaknya tetap siaga bersama PMI dan Tagana Depok, untuk mengantisipasi kemungkinan naiknya kembali debit air di Kali Ciliwung yang sewaktu-waktu menggenangi rumah warga. “Kami akan selalu siaga, atas kemungkinan adanya banjir kiriman lagi dan meluapnya Sungai Ciliwung,” kata Gandara.

Terpisah, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti menuturkan, untuk membantu warga membersihkan lumpur dan sampah pasca banjir, pihaknya menurunkan puluhan personel Satgas nya untuk membantu warga. “Ada enam regu Satgas kami yang kami turunkan ke semua titik paska banjir untuk membantu warga membersihkan rumah dan pemukiman mereka,” kata Citra kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Setiap regu, kata Citra terdiri dari sekitar sepuluh personel. Satgas SDA  dikerahkan ke RW 12, Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, lalu di Jalan Kapuk, Pondok Cina, Beji, kemudian di Kemiri Muka serta di RT 8, RW 2, Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, dekat GDC.

Menurut Citra, untuk di beberapa titik pembersihan pasca banjir pihaknya berkordinasi dengan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok untuk menurunkan mobil pompa airnya ke lokasi.

“Air dibutuhkan untuk membersihkan lumpur tebal dan sampah, yang ada di pemukiman warga paska banjir ini,” beber Citra kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Sebab kata dia, ketebalan lumpur di beberapa titik mencapai sekitar setengah meter seperti yang terjadi di Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok. “Di sana kami turunkan satu mobil pompa dari Dinas Damkar,” terangnya.

Ia memastikan, personel Satgas SDA bersama TNI dan Polri akan terus melakukan pembersihan bersama warga sampai rumah dan pemukiman mereka layak ditempati dan ditinggali kembali.(irw)