SANI/RADAR DEPOK ILMU BARU: Sekolah Lentera Insan CDEC mengadakan seminar 'Parents Update'.
SANI/RADAR DEPOK
ILMU BARU: Sekolah Lentera Insan CDEC mengadakan seminar ‘Parents Update’.

DEPOK– Sekolah Lenter Insan Child Development & Education Center (CDEC) yang berlokasi di Jalan Akses UI, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, menggelar seminar ‘Parents Update’ yang bertujuan untuk memberi informasi kepada orang tua cara fungsi kerja otak anak agar tumbuh kembang secara optimal.

Seminar yang menitikberatkan pada perilaku anak yang sulit fokus dan sulit mengendalikan diri ini, mendatangkan narasumber Pakar Neuropsikologi, Ihshan Gumilar.

Ihshan Gumilar mengatakan, sulitnya anak dalam mengendalikan diri karena kurangnya optimalisasi dari fungsi eksekutif (FE) otaknya.

“Otak anak bisa dioptimalisasi melalui kebiasan-kebiasan yang ada di lingkungannya, baik di sekolah atau di rumah. Jika anak dibiasakan dengan hal yang baik, kemampuan cara berpikir juga akan baik,” kata Ihshan.

Ihshan menjelaskan, ada tiga FE otak, yakni mengontrol atensi, mengontrol diri, dan daya ingat. Jika salah satu dari ketiga fungsi tersebut tidak berjalan, maka hal yang terjadi adalah anak akan gagal fokus.

“Dampaknya, mereka akan sulit untuk mengendalikan diri dan fokus apalagi kalau di sekolah. Mereka akan sulit berinteraksi dengan temannya,” jelasnya.

Menanggapi isu yang terjadi saat ini, banyak anak yang masih terbilang usia muda sudah melakukan tindak kejahatan, Ihshan berpendapat bahwa untuk meredamnya harus lihat dari segala faktor, seperti lingkungan, orang tua, dan sekolah.

“Saya harap, orang tua harus mengenal anaknya karena potensi mereka itu banyak. Kita bisa kontrol otak dan bentuk anak melalui arahan dari orang tua, tapi secara perlahan,” kata Ihsan.

Ketua panitia acara, Siti Jubaidah mengatakan, selain sebagai bentuk promosi sekolah, seminar tersebut juga ditujukan untuk treatment orangtua kepada anaknya saat aktivitas di rumah.

“Orang tua diajarkan untuk memberikan arahan step by step atau perlahan-lahan kepada anak, agar fungsi kerja otak anak dapat berjalan secara optimal,” Kata Jubaidah.

Banyak anak yang gagal fokus terhadap arahan dari orang tua, hal tersebut dikarenakan orang tua yang terlalu memaksakan anaknya untuk berbuat sesuai dengan maunya orang tua.

“Kalau orang tua menstimulus anak dengan memilihkan sekolah yang baik untuknya, anak pasti tumbuh kembangnya dengan baik mereka tidak akan gagal fokus lagi,” tuturnya.

Lentera Insan CDEC merupakan salah satu sekolah inklusi di Kota Depok. Maka dengan diadakannya seminar tersebut dapat membantu para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khsusus untuk selalu memperhatikan yang dibutuhkan oleh anak.

“Sekolah itu penting, orang tua harus pandai dalam mencarikan sekolah untuk anaknya agar fungsi kerja otak anaknya baik, khususnya untuk anak berkebutuh khusus,” kata Jubaidah. (cr3)