Fitriani F. Syahrul Psikolog Anak dan Keluarga
Fitriani F. Syahrul
Psikolog Anak dan Keluarga

DEPOK – Sang buah hati sering kehilangan atau melupakan barang-barang penting, tidak mampu membuat ruangan, meja atau lacinya tetap bersih, hingga kesulitan dalam hal manajemen waktu. Hal tersebut bisa dijawab dalam sebuah seminar Smart Parenting dengan tema Mengoptimalkan Fungsi Eksekutif Mental Anak, yang akan digelar di Lentera Insan Child Development * Education Center, Jalan Komjen Pol M. Yasin, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Sabtu (10/2).

Psikolog Anak dan Keluarga, Fitriani F. Syahrul mengatakan, anak-anak sering kali mengalami kendala di sekolah. Misalnya sulit mengingat pelajaran penting, sulit mencerna informasi penting, sulit menuangkan pikiran ke dalam tulisan, bahkan sulit mengerjakan PR.

“Ada yang namanya fungsi eksekutif, bertanggung jawab untuk mengarahkan perilaku diri sendiri agar terarah dan bertujuan,” ungkap Fitriani kepada Radar Depok.

Adapula yang dinamakan disfungsi eksekutif, yaitu merupakan salah satu penyebab disability pada orang sehingga kesulitan melakukan aktivitas yang bertujuan dan terarah. Seperti anak tidak ada motivasi, pelupa, dan perilaku lain yang sering dianggap kesengajaan.

“Dalam Smart Parenting Sabtu (10/2) nanti, semuanya akan terjawab. Kami akan menghadirkan seorang nara sumber Neuro-psychologist yang juga kontributor di beberapa stasiun TV, Ihshan Gumilar,” kata Fitriani kepada Radar Depok. (gun)