DICKY/RADARDEPOK NYUMBAT: Satgas Banjir DPUPR Kota Depok saat melakukan normalisasi saluran di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoranmas, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
NYUMBAT: Satgas Banjir DPUPR Kota Depok saat melakukan normalisasi saluran di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoranmas, kemarin.

DEPOK – Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kota Depok membuat Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, melakukan normalisasi saluran. Kemarin, Satgas Banjir DPUPR melaksanakan normalisasi saluran di Jalan Raya Sawangan.

Kabid Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, DPUPR Kota Depok sedang bekerja keras melakukan normalisasi saluran untuk mencegah terjadinya genangan, akibat tidak berfungsinya saluran, karena ada sejumlah hambatan.

“Saluran Jalan Raya Sawangan menjadi salah satu titik yang kami normalisasi,” ujar Citra kepada Radar Depok, kemarin.

Citra menjelaskan, tidak berfungsinya saluran diakibatkan adanya sampah yang masuk ke dalam saluran, atau bisa juga karena sedimen lumpur. Akibatnya, air di dalam saluran tidak berfungsi secara normal dan meluap ke badan jalan, sehingga terjadinya genangan.

Untuk itu, sambung Citra Satgas Banjir DPUPR Kota Depok rutin melaksanakan normalisasi untuk mencegah terjadinya genangan saat hujan maupun pasca hujan. Tidak hanya itu, masyarakat disekitar saluran, diminta ikut membantu menjaga saluran dengan tidak membuang sampah, maupun material lainnya yang dapat menyebakan terhambanya laju air didalam saluran.

“Bantuan warga sangat diharapkan dalam menjaga saluran air,” tutup Citra. (dic)