SANI/RADAR DEPOK ANTUSIAS: Puluhan siswa SMP Mutiara Bangsa praktek membuat sketsa wilayah di luar lingkungan sekolah, Rabu (7/2).
SANI/RADAR DEPOK
ANTUSIAS: Puluhan siswa SMP Mutiara Bangsa praktek membuat sketsa wilayah di luar lingkungan sekolah, Rabu (7/2).

DEPOK– Puluhan siswa kelas VII-A SMP Mutiara Bangsa terlihat berkumpul di luar halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Akses UI, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Rabu (7/2).

Mereka tengah asyik belajar sambil memperhatikan jalanan di lingkungan, dengan didampingi guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

“Mereka saya ajak keluar kelas untuk membuat sketsa jalanan di sekitar sekolah. Buat sketsanya terserah mereka, yang penting masih lingkup sekolah,” kata Rachmat, guru IPS kepada Radar Depok.

Siswa dilatih membuat sketsa wilayah bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap mata pelajaran IPS selama di kelas.

“Ini adalah tugas individu untuk mereka. Saya mau lihat kemampuannya, apakah mereka mengerti dengan yang saya ajarkan,” kata Rachmat.

Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti arahan demi arahan. Itu terlihat dari cara siswa memperhatikan lingkungan sambil sesekali menggambar di buku.

“Ini baru pertama saya adakan belajar di luar kelas. Karena kalau prakteknya di kelas mereka tidak lihat secara langsung di luar itu seperti apa,” tambah Rachmat.

Setelah memberikan tugas kepada siswa membuat sketsa wilayah, Rachmat akan memberikan tugas tambahan untuk di rumah.

“Ada dua tugasnya, yang satu di sekolah sudah selesai. Di rumah juga sama, membuat sketsa tapi letak-letaknya dimulai dari sekolah sampai ke rumah mereka masing-masing,” katanya.

Dengan mengajarkan membuat sketsa wilayah, dapat membantu siswa dalam membaca peta wilayah yang sesungguhnya.

“Membiasakan ke mereka dimulai dari yang mudah dulu. Nanti tahap selanjutnya baru gambar peta,” kata Rachmat. (cr3)