SANI/RADAR DEPOK IKUT HADIR: Kepala Disdik, Mohammad Thamrin (tiga dari kanan), Sekretaris Disdik, Tinte Rosmiati (tengah) berfoto bersama guru SMP PGRI 1 Depok usai menonton film bersama, kemarin (21/2).
SANI/RADAR DEPOK
IKUT HADIR: Kepala Disdik, Mohammad Thamrin (tiga dari kanan), Sekretaris Disdik, Tinte Rosmiati (tengah) berfoto bersama guru SMP PGRI 1 Depok usai menonton film bersama, kemarin (21/2).

DEPOK– Banyak cara kreatif untuk menyosialisasikan dampak negatif penyalahgunaan narkoba kepada siswa. Salah satunya lewat penggarapan film ‘Jerat Sang Pemikat’ garapan PT. Kent Film Production, yang disosialisasikan di SMP PGRI 1 Depok, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Menurut Produser Kent Film Production, Eddy AS, dalam penggarapan film ini pihaknya bekerja sama dengan BNN Pusat untuk membuat film narkotika versi pendidikan. Film tersebut menceritakan tentang bahaya yang dapat ditimbulkan oleh barang haram tersebut.

“Ada tiga bahaya narkoba di film ini. Pertama narkotika dapat menyebabkan kematian, kedua pengguna narkotika akan dijerat hukum dan dipenjara. Ketiga karena kecanduan narkotika selain dipenjara dapat juga direhabilitasi,” kata Eddy Kepada Radar Depok, kemarin (21/2).

Selain memberikan informasi tentang bahaya narkoba, film tersebut juga menjabarkan tentang sejarah munculnya narkoba yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

“Tujuannya agar mereka tahu bahaya serta bentuk-bentuknya. Jadi kalau mereka dihadapkan dengan barang haram tersebut dapat segera antisipasi,” jelas Eddy.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin yang turut hadir pada pemutaran film tersebut sangat mendukung kegiatan sosialisasi menggunakan media audio visual tersebut. Menurutnya, cara itu dapat memudahkan siswa untuk memahami bahaya narkoba.

“Proses pembelajaran tidak hanya dari buku dan ucapan guru, tapi audio visual macam ini juga bisa. Sehingga materi yang disampaikan langsung mereka serap dan paham,” ucap Thamrin.

Sosialisasi seperti ini dapat dicontoh sekolah lain dan siswa dapat mensosialisasikannya kembali ke lingkungan di sekitar mereka.

Pembantu Kepala SMP PGRI 1 Depok, Sutomo mengaku senang siswanya diberikan edukasi tentang penyalahgunaan narkoba. Sutomo ingin siswanya bukan hanya menjauhi narkoba, tetapi barang yang berbau nikotin lainnya seperti rokok.

“Awalnya mereka harus jauhi rokok dulu, karena rokok juga membuat mereka kecanduan sama seperti narkoba,” kata Sutomo. (cr3)