PEBRI/RADAR DEPOK SEMANGAT: Peserta pelatihan dan tamu undangan di acara Pelatihan Team Building Taman Penitipan Anak/Daycare yang diadakan P3DI Kota Depok berfoto bersama, Sabtu (10/2).
PEBRI/RADAR DEPOK
SEMANGAT: Peserta pelatihan dan tamu undangan di acara Pelatihan Team Building Taman Penitipan Anak/Daycare yang diadakan P3DI Kota Depok berfoto bersama, Sabtu (10/2).

DEPOK – Sebagai bagian dari perencanaan di awal pembentukan organisasi mitra (ormit) Perkumpulan Pengelola dan Pemilik Daycare Indonesia (P3DI) Kota Depok, yakni tentang team building, diadakan pelatihan tentanghal tersebut untuk pengelola, pemilik, guru dan orangtua yang merupakan anggota dari P3DI Kota Dpeok.

Letua P3DI Kota Depok, Moch Faisal mengatakan, dengan membentuk team building, dimaksudkan untuk mengguatkan kekompakan, informasi pendidikan untuk pengajar, sehingga memiliki visi yang sama. Hal ini dilakukan, karena P3DI Kota Depok baru terbentuk di tahun 2017, dan usianya belum setahun.

“Sebagai langkah awal adalah persamaan persepsi dahulu, semua kompak dan satu tujuan, jadi diadakannya Pelatihan Team Building Taman Penitipan Anak/Daycare,” ucapnya kepada Radar Depok.

Dalam kegiatan yang diikuti 100 orang tersebut, yang menjadi keynote speaker adalah Bunda PAUD Kota Depo, Elly Farida. Sedangkan, untuk pemberi materi adalah Tim PPSDMS Nurul Fikri, yakni Bachtiar Firdaus, Fachri Tanjung, dan Nur Ihsan Robbiyanto.

Agenda berikutny yang menjadi pembahasan kedepan adalah manajemen daycare, yakni tentang perijinan, lalu dilanjutkan dengan pelatihan pengajar, pengasuh, jadi membuat standar pola asuh pendidikannya. Karena, daycare tidak sama dengan PAUD, durasi pembelajaran siswa di lembaga pendidikannya lebih lama daycare, jadi pola asuhnya tentu akan berbeda, dengan PAUD, yang waktu di lembaga pendidikannya hanya 5 jam.

“Nantinya yang akan kami susun adalah kurikulum yang menjadi dasar dari pendidikan dan pengasuhan yang ada di daycare. Sehingga, ada standar yang harus dipenuhi setiap daycare untuk siswanya,” katanya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida mengingatkan agar daycare juga memikirkan peran dari seorang ayah. Karena peran dari seorang ayah sebenarnya sama pentingnya dengan peran seorang ibu. Jadi, daycare dalam kegiatannya kedepan, ada baiknya juga melibatkan ayah.

“Tidak hanya itu, ada baiknya juga karena waktu keberadaan anak di daycare cukup lama, ada baiknya daycare juga bekerjasama dengan dokter terdekat, meskipun tidak intensif harus ada di lembaga pendiidkan, tetapi setidaknya sudah ada pengantisipasian terlebih dahulu,” terangnya. (peb)