SANI/RADAR DEPOK GENERASI SEHAT: Vaksin difteri tahap kedua sasar siswa SMPIT Nurul Fikri, Rabu (7/2).
SANI/RADAR DEPOK
GENERASI SEHAT: Vaksin difteri tahap kedua sasar siswa SMPIT Nurul Fikri, Rabu (7/2).

DEPOK– Mengantisipasi penyebaran wabah difteri, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri (NF) yang berlokasi di Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, mengadakan vaksinasi difteri tahap dua, kemarin (7/2). Sebelumnya vaksin tahap pertama telah lebih dulu dilakukan pada 4 Januari 2018.

Wakil Kepala SMPIT Nurul Fikri bagian Kurikulum, Dwi Nurul mengatakan, sebelum melakukan suntik kepada siswa, para orang tua sudah diimbau dan diberikan penyuluhan tentang wabah difteri dan periode suntik untuk selanjutnya.

“Bagi siswa yang sebelumnya tidak mengikuti suntik tahap pertama, mereka tetap bisa disuntik tahap kedua ini,” Kata Dwi kepada Radar Depok.

Vaksin diberikan kepada 296 siswa, dari total 353 siswa. Mereka terdiri dari kelas VII hingga IX. “Kami lakukan secara bertahap per kelas. Siswa laki-laki terlebih dulu, setelah itu baru perempuan,” jelas Dwi.

Pada vaksin difteri tahap kedua ini, SMPIT Nurul Fikri dibantu 11 dokter dari berbagai pihak swasta yang dikoordinir Puskemas Tugu, yakni dua orang dari klinik Medisca dr. Samson, dan dua orang Rumah Sakit Tumbuh Kembang.

“Puskesmas Tugu kirim dua dokter, dan lima orang dari klinik sekolah Nurul Fikri juga terlibat,” tambah Dwi.

Di lokasi yang sama, Kepala SMPIT Nurul Fikri, Ahmad Sukarya mengatakan, pihak sekolah akan mendukung terus segala hal yang membawa kebaikan untuk siswa, terutama dalam hal kesehatan.

“Kesehatan sangat perlu untuk menjalani aktifitas. Apalagi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, mereka perlu kondisi yang sehat,” kata Sukarya.

Setelah suntik difteri tahap satu dan dua, rencananya tahap ketiga akan kembali dilaksanakan tiga bulan mendatang.

“Semoga suntik tahap terakhir lancar, dan siswa dapat bebas dari penyakit difteri tersebut,” tutup Sukarya. (cr3)