Beranda Satelit Depok 13 Pemilik Lahan Diguyur Rp16 Miliar

13 Pemilik Lahan Diguyur Rp16 Miliar

0
13 Pemilik Lahan Diguyur Rp16 Miliar
INDRA/RADARDEPOK DIBEBASKAN : Salah satu pemilik lahan menerima UGK di Kantor BPN Depok, kemarin.
INDRA/RADARDEPOK
DIBEBASKAN : Salah satu pemilik lahan menerima UGK di Kantor BPN Depok, kemarin.

DEPOK– Dikit demi sedikit lahan untuk pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) mulai dibebaskan di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo. Terbaru kemarin, sebanyak 13 pemilik lahan di Kelurahan Grogol menerima Uang Ganti Kerugian (UGK) di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Depok sebesar Rp16 miliar. Artinya, saat ini pembebasan lahan tersisa 130 bidang lahan di Grogol.

Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Desari, Liz Iskandar mengatakan, pembayaran ganti kerugian 13 pemilik lahan di Kelurahan Grogol merupakan lanjutan dari yang sebelumnya. Untuk wilayah Kelurahan Grogol sekitar 300-an bidang lahan yang terkena Tol Desari.

Bila dihitung-hitung, kata dia saat ini tinggal 130 bidang lahan yang belum dibayar. Ini dikarenakan masih menunggu proses pemberkasan. “Kami targetkan Maret hingga April ini semua lahan yang belum dibebaskan bisa dicairkan,” kata Liz kepada Harian Radar Depok, kemarin di BPN.

Staf Kelurahan Grogol yang membantu pembebasan lahan, Parman menyebutkan, proses pembebasan lahan sudah dimulai sejak beberapa tahun silam. Namun, pembayaran UGK untuk wilayah Grogol baru dilaksanakan mulai 2017 dan sampai sekarang. “Masih ada sekitar 130 pemilik lahan yang belum dibebaskan,” papar Parman.

Dia menambahkan, meskipun pembayaran uang ganti kerugian dilakukan secara bertahap, Parman berharap April mendatang semua pemilik lahan terkena Tol Desari di Grogol bisa menerima kompensasi.

“Mudah-mudahan sebulan atau dua bulan ini semua pemilik lahan terkena tol Desari di Grogol sudah menerima pembayaran,” tandasnya. (dra)