263 Jaling Dibetonisasi April

In Metropolis

DEPOK-Perbaikan jalan di Kota Depok terus ditingkatkan tiap tahunya. Di tahun ini lebih tepatnya April Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, akan membetonisasi 264 jalan lingkungan (Jaling) dan Jalan Raya Tanah Baru, di Kecamatan Beji.

Kepala DPUPR Kota Depok, Manto Jorgi mengatakan, untuk sepanjang Jalan Tanah Baru diupayakan ada peningkatan jalan. Tujuanya untuk menjaga kualitas jalan tersebut. Meski begitu, kata dia, untuk pelebaran jalan di Jalan Tanah Baru belum ada di tahun ini.

“Lebih kepada peningkatan Jalan Tanah Baru, kalau ada lahan di bahu jalan, kita akan lebarkan. Tahun ini perawatan saja,” kata Manto, kepada Radar Depok, belum lama ini.

Manto mengatakan, DPUPR Depok hampir setiap tahun melakukan perawatan jalan milik kota sebanyak 1.000 kilometer lebih.

Ditambah lagi, dengan jalan lingkungan yang ada di Kota Depok. Sedangkan untuk jalan milik nasional 41 kilomter, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar) ada 11 kilometer. “Jadi bisa dibayangkan perbaikan dan perawatan pemkot oleh DPUPR,”tutur dia.

Manto menambahkan, sesuai inturksi Walikot Depok Mohammad Idris di 2019 mendatang fokus untuk perbaikan pendestarian di wilayah Jalan Raya Ciputat atau Bojongsari. Sebab, jalan tersebut jalan milik negara.

“Pembiayaan nanti dari pusat, kita tata semaksimal mungkin pedestrian di Depok,” katanya.

Terpisah, Kepala UPT Jalan Lingkungan II, Arga DT menyebutkan,  akan mengerjakan 262 titik di empat kecamatan. Antara lain, Kecamatan Beji ada 48 titik, Kecamatan Sukmajaya 90 titik, Kecamatan Pancoranmas 84 titik, dan Kecamatan Cipayung 48 titik.

“Direncanakan akan dikerjakan pada bulan April,” kata Arga.

Perbaikan jalan lingkungan di empat kecamatan ini, jelas dia, merupakan hasil dari usulan masyarakat melalui Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan aspirasi dewan melalui reses.

“Sudah disahkan di Musrenbang di tingkat kota,” kata dia.

Perbaikan jalan lingkungan ini bisa dalam bentuk pengaspalan, betonisasi jalan, dan paving block. Lalu sambung Arga, pelaksanaan pekerjaan akan dilakukan pada April.

Namun, sekarang ini sedang tahapan lelang supervisi dan berkoordinasi ke pihak masyarakat, yakni LPM, RT, dan RW, karena mereka adalah perwakilan dari masyarakat. “Perbaikan jalan di bawah tiga meter luasnya disebut jaling,” bebernya.

Pekerjaan jalan lingkungan ini kata Arga, variatif  besaran pagunya. Sebut dia, antara lain dari RP30 juta sampai Rp 400juta.

“Kalau diatas Rp200 juta itu dilelang,” tutupnya. (irw) 

You may also read!

PLN benerin termometer

Di Depok 183.808 Pelanggan Bisa Manfaatkan Subsidi Listrik, Berikut Rinciannya

PANTAU : Petugas PLN sedang melihat kondisi listrik. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Pusat

Read More...
Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...

Mobile Sliding Menu