Ajarkan Siswa Berwirausaha Sejak Dini

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
BERNIAGA: Suasana kegiatan Market Day di Sekolah Alam Indonesia Meruyung, Jalan Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Sabtu (10/3).

Sekolah tidak hanya sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan umum semata. Akan tetapi, sekolah juga mengajarkan berbagai hal yang sekiranya dapat menjadi bekal di masa depan. Di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Meruyung, siswa diajarkan tentang caranya berwirausaha yang dimulai sejak dini.

Laporan: NUR APRIDA SANI

Berbagai macam tenda terpajang di halaman SAI Meruyung, Jalan Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Sabtu (10/3).

Di dalam tenda tersebut, berjejer meja panjang yang di atasnya berisi berbagai macam jenis kreasi siswa, ada makanan, minuman, hingga akuarium ikan.

Koordinator Market Day, Sarah Ayu Anggraeni mengatakan, kegiatan tersebut diberinama Market Day.

Seluruh siswa harus berjualan dalam kegiatan itu. Mereka menawarkan barang dagangannya kepada orang-orang yang hadir ke stand mereka, yang dimana beberapa diantaranya adalah orangtua siswa.

”Kami ingin mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana berdagang yang baik dan benar. Bahkan, bisa mengajarkan bagaimana menjalin komunikasi dengan pembeli,” kata Sarah kepada Radar Depok.

Kegiatan Market Day merupakan agenda rutin tahunan dari SAI Meruyung, dengan mengusung tema “Juragan Market Day”. Juragan sendiri memiliki kepanjangan yakni, Jujur Berniaga menjadi Teladan.

”Selama enam pekan kebelakang, mereka di kelas belajarnya tentang berjualan. Jadi selama itu juga, mereka bereksperimen membuat bahan makanan atau benda dari apapun, hasilnya mereka jual disini. Kegiatan ini adalah puncak dari tema yang mereka pelajari di kelas,” ucap Sarah.

Selain diajarkan tentang cara berwirausaha, pada kegiatan Market Day seluruh orang tua bisa mengetahui pendidikan apa yang diajarkan kepada anak mereka.

Di mana berbagai hal yang diajarkan tersebut sebagai bekal mereka dan membentuk karakter.

“Karakter siswa tentunya harus dibentuk sejak dini. Market Day ini adalah salah satunya dan dengan dituntut untuk menyajikan bahan makanan atau kreasi benda, menjadikan siswa bisa berfikir untuk menjadikan bahan mentah menjadi dapat berguna,” ujarnya.

Selama masa persiapan menuju Market Day, seluruh siswa selalu dibantu guru kelasnya masing-masing.

Tema yang digunakan setiap kelas juga beragam, ada yang menggunakan tema Halal Food, penjual ikan, hingga tentang ekosistem.

“Biasanya tahun-tahun sebelumnya kita serempakan temanya. Tapi untuk sekarang biar mereka kreasi sendiri dengan guru. Supaya ada suasana baru dan yang terpenting ilmu yang diajarkan selama di kelas mereka paham,” tutup Sarah. (*)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu