RICKY/RADAR DEPOK JAGA LINGKUNGAN: Anggota Yayasan Sahabat Ciliwung dan lintas komunitas pencinta serta aktivvis lingkungan sedang mengarungi Ciliwung di sekitar Jembatan Panus, Kecamatan Pancoranmas.
RICKY/RADAR DEPOK
JAGA LINGKUNGAN: Anggota Yayasan Sahabat Ciliwung dan lintas komunitas pencinta serta aktivis lingkungan sedang mengarungi Ciliwung di sekitar Jembatan Panus, Kecamatan Pancoranmas.

DEPOK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Ciliwung mengajak orang-orang yang memberikan zakat (Muzaki) untuk mengadakan kegiatan Wisata Zakat dengan mengarungi Sungai Ciliwung yang ada melintasi Kota Depok.

“Jadi Wisata Zakat ini memang untuk memperkenaklan kepada Muzaki kami yang berdonasi ke Baznas,” kata Layanan Muzaki Baznas Pusat, Citra Septiani kepada Radar Depok, Jumat (30/3).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengajak Muzaki untuk langsung tentang kegiatan dari program-program unggulan Baznas.

“Pesertanya sendiri sudah ada 25 orang, terdiri dari dewasa dan anak-anak,” ucap Citra.

Sementara, Koordinator Yayasan Sahabat Ciliwung, Hidayat menambahkan, Wisata Zakat yang dikemas dengan Arung Sungai Ciliwung ini dimulai pukul 05.30 WIB hingga selesai. Adapun Rundown acaranya dimulai dari registrasi peserta dengan titik Kumpul di Baznas Kebon Sirih No. 57 Jakarta Pusat. Kemudian, menuju Depok di tiitk kumpul kedua, yaitu Parkir KFC Margonda.

“Setelah itu peserta menuju titik start pengarungan di Sungai Ciliwung Jembatan Panus. Di sana ada sambutan dari ketua panitia dan tokoh Ciliwung, brifing peralatan, tracking dan safety Secure,” kata Dayat -Sapaanya-.

Setelah itu baru melakukan Arung Sungai Ciliwung dan aksi resik Sungai Ciliwung. Kemudian, sekitar pukul 09.00 -11.00 WIB dilanjutkan dengan kegiatan Layanan Kesehatan warga bantaran sungai Ciliwung, dan Pembagian Hygiene Kit yang berlokasi di Jalan Gotong Royong Kelurahan Kemiri Muka, Beji.

“Selanjutnya, Finish dan Coffee Break (Dapur Air Baznas Tanggap Bencana) di lokasi tersebut, yangt dilanjutkan dengan Respon Kesiap-siagaan Banjir dari Baznas Tanggap Bencana, Happening Art ‘Pelepasan Bibit Ikan’ untuk Kelestarian Sungai Ciliwung, setelah istirahat acara selesai,” ucap Dayat. (cky)