Bisnis Online Merambah UMKM

In Satelit Depok, Wilayah Depok
PEBRI/RADAR DEPOK
PELATIHAN: CEO IT Cermat, Rahmawati Dzaelani sedang menyampaikan materi di seminar tentang UMKM Go Digital di Felfest, Faculty Club UI yang diadakan IT Cermat, Sabtu (10/3).

DEPOK – Dunia digital dengan dunia bisnis sekarang terus beriringan. Menurut CEO IT Cermat, Rahmawati Dzaelani, sekarang pun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekarang pun sudah merambah ke dunia digital, yakni bisnis online.

Rahma mengatakan, perkembangan UMUM di Indonesia sangat pesat, dari tahun 2017 ke 2018 naik 30 persen, dimana pebisnis di Indonesia 50 persen sudah merambah dunia digital.

“Perkembangan tersebut, tentunya tidak terlepas dari kemajuan teknologi yang tidak berhenti,” ucapnya saat ditemui di seminar tentang UMKM Go Digital di Felfest, Faculty Club UI yang diadakan IT Cermat, Sabtu (10/3).

Para pelaku UMKM tentunya harus mengetahui sekarang ini 50 persen penduduk di Indonesia sudah menjadi pengguna internet yang aktif. Oleh karena itu mereka harus kreatif dan produktif dengan dunka digital. Selama ini, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan secara maksimal berbisnis atau berjualan dengan cara digital online.

“Sekarang pengguna media sosial terus bertambah, bahkan media sosial tersebut menyediakan lahan untuk berbisnis,” tuturnya.

Rahma berpesan, jangan hanya sekedar mempunyai bisnis online saja, tetapi juga harus memiliki strategi dengan konten-konten yang memang siap untuk berbisnis.

Majunya bisnis online, tentunya juga diiringi permasalahan, salah satunya adalah tingkat kepercayaan pembeli terhadap apa yang dijual pelaku usaha. Pembeli bisa melihat testimoni dan rating dari penjual tersebut. Pemerintah pun sedang merancang Road Map tentang E Comers, yakni perlindungan konsumen.

“Perkembangan pelaku bisnis online, tentunya juga meningkatkan persaingan bisnis online. Oleh karena itu pelaku bisnis online harus kreatif dan memiliki konten yang inovatif,” jelasnya. (peb)

 

You may also read!

kebakaran di jalan juanda

Ini Penyebab Kebakaran di Jalan Juanda Sampai Merugi Rp 80 Juta

DARURAT : Petugas Pemadam Kebakaran sedang memadamkan kebakaran api di Jalan Juanda, Minggu (6/9). FOTO

Read More...
kebakaran di jalan juanda

Lapak Pedagang Kelapa di Jalan Juanda Terbakar

DITONTON : Petugas Pemadam Kebakaran Kota Depok sedang berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Jalan

Read More...
laporan muhammadiyah spanduk

Ada Spanduk Provokatif, Muhammadiyah Kota Depok Bersikap

LAPORKAN : Ahmad Dahlan (kiri) mendampingi Ali Wartadinata (kanan) saat membuat laporan terkait spanduk provokatif

Read More...

Mobile Sliding Menu