Cilangkap Tunggu Perwali Pungutan PTSL

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
FOTO: Suaibun, Lurah Cilangkap

DEPOK– Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program Nasional. Pada tahun 2018, Kelurahan Cilangkap, Tapos, akan mendapatkan 2261 bidang yang disertifikatkan dan akan dilanjutkan secara bertahap hingga tahun 2020.

Lurah Cilangkap, Suaibun mengatakan, pensertifikatan tanah di Kelurahan Cilangkap akan terus berlanjut hingga seluruh bidang tanah di wilayahnya bersertifikat.

“Kegiatan PTSL di Kelurahan Cilangkap sudah berjalan sejak 26 Februari lalu dengan kegiatan berupa pematokan dan pengumpulan berkas,” ucap Suaibun, Senin (12/3).

Namun dirinya mengungkapkan, Kelurahan Cilangkap belum memungut biaya administrasi PTSL sebesar Rp150 ribu sesuai yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri No. 25/SKB/2017 dan No. 590–3167A Tahun 2017 dan 34 Tahun 2017.

“Saya sudah perintahkan kepada RT dan RW untuk tidak memungut biaya PTSL dulu dari masyarakat, karena belum ada Peraturan Walikota (Perwali) Depok yang jadi dasar hukum pemungutan tersebut,” ucap Suaibun.

Dikatakannya, Perwali Depok guna mengetahui tentang peruntukan biaya PTSL. Dia juga belum mengetahui apakah biaya PTSL akan dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok atau masyarakat sebagai pemohon PTSL.

“Di SKB Tiga Menteri tersebut ada poin mengatakan: biaya PTSL sebesar Rp150 ribu. Tapi itu untuk apanya dan ditagih ke siapa saya belum tahu, dan rincian pembayaranya itu untuk apa saja. Makanya saya sudah beri imbauan kepada ketua lingkungan untuk tidak menarik biaya PTSL terlebih dahulu,” kata Suaibun. (dra)

You may also read!

penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...
Robot ikut sosialisasi masker

Berkostum Robot, Polsek Cimanggis Hebohkan Sosialisasi Masker

UNIK : Anggota Polsek Cimanggis adakan sosialisasi masker dengan menggunakan kostum unik, di depan kantor

Read More...

Mobile Sliding Menu