Beranda Metropolis Cuaca Ektrim Sampai 10 Maret

Cuaca Ektrim Sampai 10 Maret

0
Cuaca Ektrim Sampai 10 Maret
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK WASPADA CUACA EKSTREM : Tampak terlihat langit gelap dan mendung di kawasan Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
WASPADA CUACA EKSTREM : Tampak terlihat langit gelap dan mendung di kawasan Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji.

DEPOK – Warga Depok mesti tetap hati-hati nih. Kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat, yang meningkat di sebagian besar wilayah Indonesia hingga 10 Maret 2018.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo mengatakan, kondisi atmosfer pada rentang waktu tersebut diindikasikan mengalami peningkatan, dengan ditandai dan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

“Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat, terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga 10 Maret 2018,” ujar Mulyono dalam rilisnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Mulyono menyebutkan wilayah-wilayah tersebut adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Wilayah lainnya yang juga diperkirakan mengalami kondisi serupa adalah Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

BMKG mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah tersebut. “Waspada juga terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh,” ujarnya.

Hujan deras juga akan akan mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Informasi ini tercantum dalam situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), www. bmkg.go.id. “Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, Tangerang antara siang hingga sore hari, dan Kepulauan Seribu pada dini hari,” isi peringatan katanya.

Siang hari, wilayah Kepulauan Seribu dan Depok cerah. Sementara wilayah lain di Jakarta dan Tangerang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai petir. Wilayah Bekasi dan Bogor akan diguyur hujan lokal. Malam hari, hujan lokal akan mengguyur Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.(hmi)