Dana Banpol Naik 30 Persen

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
FORUM OPD: Kepala Kesbangpol, Dadang Wihana berfoto bersama peserta Forum OPD Kesbangpol yang dilaksanakan di Hotel Bumi Wiyata di Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji.

DEPOK – Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berencana menaikan dana bantuan partai politik (banpol) di Kota Depok sebesar 30 persen. Hal tersebut disampaikan Kepala Kesbangpol Kota Depok, Dadang Winaha.

“Ada kenaikan dari Rp 1.080 per suara, berdasarkan amanat PP terbaru akan menjadi minimal Rp 1.500 per satu suara. Kami sedang menyesuaikan dengan badan anggaran dengan kemampuan kami, apakah di awal atau di perubahan anggaran,” kata Dadang saat diwawancarai Radar Depok, kemarin.

Mantan Camat Sukmajaya ini menjelaskan, kenaikan dana Banpol tidak hanya terjadi di tingkat  kota/kabupaten saja, melainkan di tingkat provinsi dan pusat pun mengalami kenaikkan.

“Kenaikan secara bertahap, belum nantinya juga dengan partai baru yang  muncul tentu akan bertambah lagi jumlah yang mendapat Banpol. Insha Allah APBD Depok mampu untuk memberikan bantuan tersebut,” terangnya.

Mengacu pada tahun lalu, Pemerintah Kota Depok memberikan dana Banpol  sebesar Rp 750 juta kepada kurang lebih 10 partai politik peserta pemilu 2014. “Tahun ini naik sekitar 30 persen dari anggaran yang sudah ada,” ucapnya.

Menurutnya, partai memiliki otonomi sendiri, sedangkan pemerintah hanya memfasilitasi terutama dalam penganggaran. Sesuai amanat PP, anggaran Parpol itu untuk kegiatan pendidikan politik. Jadi bantuan dilakukan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya konstituen.

“Tentunya kami berharap agar diarahkan kepada bagaimana ke politik yang bersahabat, sesuai dengan tagline Depok Friendly City,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Depok, Hamzah, adanya rencana kenaikkan dana Banpol tersebut diapresiasi rekan-rekan di parpol, baik di Gerindra maupun parpol lain.

“Dana banpol itu kan peruntukannya untuk kegiatan partai, seperti pelatihan kader, biaya sewa kantor dan kegiatan lain yang telah ditentukan peruntukkannya,” ucap Hamzah. (cky)

You may also read!

banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...
protokol kesehatan SDN Cipayung 4

Meski PJJ, SDN Cipayung 4 Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERSIH : Kepala SDN Cipayung 4, Juanda sedang mencuci tangan di lingungan sekolahnya, Kamis (27/08).

Read More...
kelurahan duren mekar swab test

ASN Kelurahan Duren Mekar di-Swab Test

DITES : Petugas Kesehatan Puskesmas Duren Seribu melaksanakan swab test terhadap ASN dan Non ASN

Read More...

Mobile Sliding Menu