Danramil Cimanggis Depok Lupa Olahraga Tradisional

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
AMBIL BAGIAN: Danramil Cimanggis, Mayor Hari (tengah, memakai topi) bersiap melakukan pertandingan olahraga hadangan.

DEPOK – Danramil 06/Cimanggis, Mayor Hari rupanya lupa cara melakukan kegiatan olahraga tradisional hadangan. Dia terlihat kesulitan ketika melakukan pertandingan olahraga hadangan di Lapangan Balaikota Depok dalam ajang Pekan Olahraga Pemerintah Kota (Perpemkot), Kamis (22/3).

“Saya hampir lupa, baik teknik, permainan, maupun cara penjurian olahraga tradisional hadangan ini,” ucap Hari seusai mengikuti kegiatan Porpemkot.

Meski mengaku kewalahan, Hari mengapresiasi Pemkot Depok yang tetap peduli dengan budaya asli bangsa. Salah satunya permainan tradisional hadangan yang dimasukan dalam Porpemkot.

“Apabila kegiatan seperti ini tidak dilestarikan, bisa jadi lama-kelamaan kegiatan ini bisa hilang dari negeri tercinta kita,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemkot Depok berupaya mempopulerkan kembali olahraga tradisional hadangan. Idris ingin olahraga tradisional yang penuh filosofi kembali lestari di Kota Depok.

“Sebenarnya banyak permainan tradisonal, seperti balap karung, sodor bambu dan masih banyak lagi. Secara perlahan akan kita lestarikan olahraga permainan tradisional di jaman now,” kata Idris.

Untuk menjaga kelestarian permainan tradisional tersebut, Pemkot Depok menggelar Porpemkot yang diadakan setiap setahun sekali. Di dalamnya dimasukkan cabang olahraga tradisional hadangan dan terompah.

“Pelestarian permainan tradisional juga arahan pemerintah provinsi, karena dalam Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) juga dipertandingkan. Kita mulai dari lingkungan pemerintah agar permainan tradisional dapat terus eksis,” sambungnya.

Idris melanjutkan, banyak makna serta nilai dari permainan tradisional selain untuk melatih kekuatan fisik.

Di dalam olaharaga tradisional hadangan ada nilai yang bisa diambil, yaitu bagaimana untuk mengatur strategi dalam mencapai sesuatu dengan bekerja sama.

“Terima kasih Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan ini kita jadikan ajang merenung dan silaturahmi dengan nuansa keakraban,” ujar Idris. (dra)

You may also read!

pradi di sawangan baru

Pradi Blusukan di Sawangan Baru

SOSIALISASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sosialisasi di kediaman Ketua RW04

Read More...
mekarjaya kerja bakti

Sukmajaya Kompak Bebersih Kantor

GIAT : Aparatur Kecamatan Sukmajaya bersama stakeholder adakan kerja bakti Kantor Kecamatan Sukmajaya. FOTO :

Read More...
Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar

Lurah Sukmajaya Upayakan Jumantik mandiri

Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar   RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA - Waspada penyakit Demam Berdarah (DBD), Lurah Sukmajaya Achmad Munandar

Read More...

Mobile Sliding Menu