Diikuti 43 Tim, 7 Mata Lomba

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
ADU KEMAMPUAN: Peserta menampilkan kekompakan dalam lomba pramuka tingkat SD/MI di halaman MTs Al Kautsar, Sabtu (24/3).

Guna meningkatkan eksistensi pramuka di kalangan pelajar Kota Depok, Sabtu (23/3) MTs Al Kautsar menggelar Lomba Penggalang Prestasi (Lagasi) tingkat SD/MI. Lomba tersebut diikuti oleh 43 Tim dari 21 SD/MI di Kota Depok dan sekitarnya.

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

Ini merupakan kali pertama MTs Al Kautsar mengadakan lomba. Tujuannya berisi kegiatan-kegiatan yang bersifat kompetitif, edukatif, inovatif dan rekreatif. Selain itu juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota pramuka.

“Ini kesempatan bagi para siswa untuk menunjukkan kreativitas dan kekompakkan masing-masing tim,” kata ketua pelaksana lomba, Sam David kepada Radar Depok, ditemui di sekolah berlokasi Jalan Barito Raya, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Sam menjelaskan, keberadaan anggota pramuka di Kecamatan Sukmajaya tidak mencapai 70 persen. Maka dari itu, ia bersama Kwartir Ranting (Kwaran) Sukmajaya membuat lomba tersebut untuk menghidupkan eksistensinya kembali di tingkat SD/MI.

“Jarang lomba di SD/MI Kebanyakan lomba di tingkat SMP/MTs, seperti jambore,” jelasnya.

Selain itu, Lagasi merupakan ajang kegiatan uji coba bidang ketangkasan dan ketrampilan bagi para siswa pramuka. Selain menguji prestasi, lomba juga menjadi wahana pengembangan minat di bidang kepramukaan.

“Jadi bukan hanya untuk menunaikan kewajiban di sekolah, tapi juga cinta kepada pramuka. Manfaatnya juga sangat banyak jika ditelusuri lebih dalam lagi,” ujar Sam.

Terdapat tujuh mata lomba dalam Lagasi 2018 di MTs Al Kautsar, diantaranya PUPK, Sandi Morse, Hasta Karya, DART, KIM, Tandu, dan Yel-yel. Pelaksanaan lomba diadakan di dua tempat yakni ruang kelas dan lapangan sekolah.

“Materinya ada yang tertulis juga seperti PUPK, hasta karya, dan sandi. Selebihnya di luar,” kata Sam.

Di lokasi yang sama, Wakapusdiklat Kwartir Cabang Kota Depok, Ananta mengapreasi kegiatan lomba yang dilakukan MTs AL Kautsar. Menurutnya itu merupakan suatu bentuk kepedulian sekolah terhadap pramuka.

“Lomba ini juga dapat dijadikan untuk membentuk karakter, bukan semata-mata menjadi sang juara saja. Harus dilihat dari sisi lainnya,” tutup Ananta yang saat itu menjadi juri lomba. (*)

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu