FAO: Pertahankan Kualitas Kebersihan

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
TERUS BERBENAH: Kebersihan dan keamanan pangan yang terus dijaga kualitasnya oleh pengelola Pasar Sukatani dianggap sudah sangat baik.

DEPOK– Kebersihan serta keamanan pangan yang terus dijaga kualitasnya oleh pengelola Pasar Sukatani dianggap sudah sangat baik.

Food and Agriculture Organization (FAO) berharap Pasar Sukatani terus memperhatikan keamanan pangan guna melindungi masyarakat dari risiko berbagai penyakit menular.

“Pasar Sukatani ini adalah pasar yang sudah bersertifikat SNI. Jadi dari segi sarana prasarana sudah sangat bagus. Tinggal kita mendorong pedagang dan pengelolanya untuk lebih memperhatikan keamanan pangan, sehingga kedepannya lebih baik lagi,” tutur National Technical Advicer FAO, Gunawan Budi Utomo.

Pasar, kata Gunawan, merupakan salah satu faktor risiko penyebaran penyakit menular yang berasal dari hewan.

Sebab, pasar merupakan tempat jual beli hewan yang dapat dikonsumsi.

“FAO bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia memiliki program kegiatan pencegahan berbagai penyakit menular yang berasal dari hewan. Untuk itu, FAO melakukan pembinaan terhadap pasar-pasar tradisional dalam mencegah penyebaran penyakit menular seperti flu burung,” katanya.

Gunawan ingin berbagai upaya yang dilakukan pengelola Pasar Sukatani dalam menciptakan lingkungan yang sehat, baik itu penanganan masalah sampah dan pengawasan makanan agar terus ditingkatkan.

Hal tersebut supaya pasar rakyat dapat selalu menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi masyarakat untuk berbelanja.

“Menurut kami yang dilakukan oleh Pasar Sukatani selama ini sudah baik. Kami berharap para pelaku usaha dan pengelola terus menjaga kebersihan pasar dengan membuang sampah secara reguler dan terus memperhatikan keamanan pangan,” tandas Gunawan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelakasana Teknis (UPT) Pasar Sukatani, Arief menyatakan, pihaknya akan terus menjaga kualitas pangan yang diperjual belikan di Pasar Sukatani.

Selain itu, kebersihan pasar merupakan prioritas utama.

“Kami selalu concern dalam menjaga kebersihan pasar dan panganan itu sendiri. Selain untuk mempertahankan ISO yang sudah diraih, kami juga masih optimis untuk mensukseskan Kota Depok dalam mempertahankan Adipura,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pengelolaan kebersihan, Pasar Sukatani sudah menerapkan pilah sampah untuk mengurangi beban sampah yang dibuang ke TPA Cipayung.

“Kami melakukan pengolahan sampah organik dan nonorganik di sini. Bahkan untuk sampah residu kami cacah terlebih dahulu sebelum diantar ke TPA Cipayung. Sehingga sampah residu kami tidak sampai satu ton setiap harinya,” tutup Arief. (dra)

You may also read!

Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...
perjalanan KRL ditambah

Ini Syarat Karyawan Saat Pembatasan Aktifitas Masyarakat di Malam Hari

PADAT : Suasana perjalanan kereta di Stasiun Citayam, Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu