Gerobak Baca SDIT Miftahul Ulum Depok

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK LITERASI: Siswa-siswi SDIT Miftahul Ulum tengah membaca buku yang ada di gerobak buku sekolah saat jam istirahat.

DEPOK – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah. SDIT Miftahul Ulum yang berlokasi di Jalan Yayasan, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, menyediakan “gerobak baca” bagi para siswa.

Wakil Kepala SDIT Miftahul Ulum Bidang Kurikulum, Muzakkir mengatakan, pengadaan gerobak baca tersebut sudah ada sejak SDIT Miftahul Ulum ditunjuk sebagai sekolah literasi 2017 lalu.

“Alhamdulillah sekolah kami banyak dapat penghargaan akhir 2017 lalu dari Provinsi Jawa Barat hingga medali dari Australia. Makanya dibuat tempat ini biar siswa makin suka membaca,” kata Muzakkir kepada Radar Depok.

Posisi gerobak baca sekolah, lanjut Muzakkir, sengaja diletakkan tepat di bawah tangga yang terdapat di halaman sekolah. Bertujuan memudahkan siswa yang ingin membaca buku pada saat istirahat tanpa perlu mengantre di perpustakaan.

“Di sini (halaman) mereka bisa sambil makan dan ngobrol santai sama teman-temannya. Kalau di perpus kan nggak boleh berisik,” tuturnya.

Muzakkir menjelaskan, buku-buku yang ada di gerobak baca sekolah terdiri dari berbagai macam buku, baik buku fiksi dan non-fiksi. Sebagai penunjang pengetahuan, siswa juga diperbolehkan menyumbang buku ke sekolah.

“Supaya nggak jenuh bukunya itu-itu saja. Tapi dari pihak sekolah juga membeli buku untuk koleksi di perpus dan gerobak baca ini,” jelasnya.

Setelah ditetapkan sebagai sekolah literasi, SDIT Miftahul Ulum juga menerapkan pembiasaan yang dilakukan setiap pagi, yakni membaca buku 15 menit sebelum mulai KBM dan reading maraton (Redaton) tiap bulannya.

“Kami sangat berharap metode ini dapat meningkatkan minat baca siswa untuk gemar membaca. Nantinya akan menambah wawasan pengetahun mereka,” tutup Muzakkir. (cr3)

You may also read!

SMK putra bangsa alfamidi

Guru SMK Putra Bangsa Ikut Alfamidi Class

PROGRAM : Lima guru SMK Putra Bangsa mengadakan Program Alfamidi Class dengan menjalani Trainning for

Read More...
literasi kota depok SD

18 Siswa Depok Torehkan Prestasi di Lomba Literasi

HEBAT : Siswa yang berhasil juara dalam Lomba Literasi tingkat Kota Depok jenjang pendidikan SD.

Read More...
lapangan milik megapolitan

Megapolitan Developments Pemilik Sah Tanah SHGB No9 di Limo

DIBANGUN : Penggarap lahan Lapangan Relis di RT9/9 Kelurahan/Kecamatan Limo, sedang membangun rumah di lahan

Read More...

Mobile Sliding Menu