Green to School Sambangi SMPN 9

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PEDULI LINGKUNGAN: Siswa SMPN 9 Depok menanam tanaman.

DEPOK– Menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dari sampah, siswa SMP Negeri 9 Depok kompak membersihkan sekolah dengan dibantu oleh Yayasan Sahabat Ciliwung dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), kemarin.

Pelaksana Seksi Pengurangan Sampah DLHK, Maman Suparman mengatakan, tujuan dinas dengan Yayasan Sahabat Ciliwung datang ke SMPN 9 untuk mengajak dan membimbing siswa agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Banyak anak sekolah yang kurang berkontribusi dengan lingkungan, makanya kita berikan pembinaan untuk membentuk karakater mereka cinta dengan kebersihan. Misalnya mereka dapat memilah sampah sesuai porsinya,” kata Maman kepada Radar Depok.

Dalam kegiatan Green to School tersebut, siswa diberikan materi pengetahuan dasar tentang pengenalan lingkungan hidup, jenis sampah beserta klasifikasinya dan praktek memilah sampah.

“Setelah materi, langsung siswa praktekkan. Mereka mencari sampah di lingkungan sekolah yang berbahan organik, anorganik dan residu. Setelah itu lanjut menanam,” kata Maman.

Sebanyak 50 siswa yang terdiri dari seksi kebersihan dari masing-masing kelas mengikuti kegiatan tersebut. Para siswa sangat antusias saat proses menanam berlangsung.

Di lokasi yang sama, Ketua Srimurti Green House, Ahmad Sultoni menuturkan, Green to School tidak hanya sekedar mengajak siswa untuk membersihkan lingkungan dan menanam di sekolah. Tapi ingin kedepannya dapat mendampingi siswa sampai terbentuk jiwa memilah sampah.

“Membentuknya itu yang sulit. Jadi kita harus kawal mereka. Memilah sampah penting, manfaatnya sangat banyak. Lingkungan jadi bersih dan sampah yang dipilah tadi dapat dijual bisa menghasilkan uang,” tutur Ahmad.

Ia merencanakan berlanjut ke 25 sekolah baik SD hingga SMA yang ada di Kota Depok untuk terus menggalakkan program Green to School.

Wakil Kepala SMPN 9 Depok Bidang Sarpras, Johan mengaku senang dengan kedatangan Yayasan Sahabat Ciliwung dan DLHK.

Dia berharap agar siswa dapat mempraktekkan kegiatan tersebut bukan hanya di sekolah.

“Ini kegiatan sangat positif yang harus dimulai sejak dini. Semoga mereka (siswa, red) dapat mempraktekkan di rumah juga. Kalau lingkungan rumah dan sekolah bersih, insya Allah kita dijauhkan dari penyakit apapun,” kata Johan. (cr3)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu