Beranda Metropolis Harga Cabai Semakin Pedas

Harga Cabai Semakin Pedas

0
Harga Cabai Semakin Pedas
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK BERBELANJA DI PASAR : Warga sedang memilih cabai saat berada di Pasar Tradisional Kemiri Muka, Kecamatan Beji, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERBELANJA DI PASAR : Warga sedang memilih cabai saat berada di Pasar Tradisional Kemiri Muka, Kecamatan Beji, kemarin.

DEPOK-Harga cabai di sejumlah pasar di Kota Depok mulai meroket, kemarin. Kenaikan harga cabai mencapai Rp5.000. Dengan adanya kenaikan harga cabai di Kota Depok, dapat mempengaruhi daya beli konsumen.

Pantauan Radar Depok di Pasar Agung harga cabai rawit hijau dan cabai merah biasa mengalami kenaikan Rp5.000. Cabai merah biasa naik dari Rp45.000 menjadi Rp 50.000 perkilonya, sedangkan cabai rawit hijau mengalami kenaikan dari Rp35.000 menjadi Rp40.000 perkilonya.

Namun, menurut salah satu pedagang cabai di Pasar Agung, Ismail. Tidak semua harga cabai meningkat, ada beberapa jenis cabai yang tetap stabil bahkan menurun. “Ada  beberapa yang stabil, seperti cabai merah keriting dan yang turun seperti cabai rawit merah dari Rp70.000 menjadi Rp 60.000 perkilonya,” ujar Ismail kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Peningkatan harga cabai dipasaran, kata dia lantaran kelangkaan pasokan karena gagal panen. Pasokan cabai akhir-akhir ini memang menurun dibanding bulan sebelumnya. Sejak pertengahan Februari, ia mengaku bingung mencari cabai di pasar-pasar induk.

Dia mengatakan, jumlah pasokan cabai menurun lantaran panen buruk. Pasalnya, banyak tanaman cabai yang mati akibat curah hujan yang begitu tinggi pada Fabruari dan Maret ini. “Kalau yang nggak mati, bunganya ambrol,” tutur Ismail mengeluhkan pasokan cabai.

Curah hujan yang tinggi menyebabkan tanaman busuk. Tanaman banyak juga terserang penyakit. Penyakit yang paling banyak menyerang adalah bakteri dan jamur yang menyerang akar. Kadar air di dalam tanah yang berlebihan menjadi penyebab utamanya.

Sementara itu, Kasi Perdagangan Dalam Negeri, Disdagin Kota Depok, Epi Ardini mengaku, kenaikan harga cabai di Kota depok memang sudah terjadi sejak Jumat (9/3). Kenaikan harga juga bervariasi dari jenis dan ragam cabai yang ada di pasaran.

Seperti yang terjadi di Pasar Kemiri Muka harga cabai merah keriting naik dari harga Rp38.000/kilogram naik menjadi Rp 45.000/kilogram. Sedangkan harga cabai rawit hijau naik, dari Rp 28.000/kilogram. “Paling tinggi harga cabai rawit merah bisa mencapai Rp65.000/kilogram,” kata Epi kepada Radar Depok.

Namun menurutnya, harga tertinggi cabai rawit merah berada di pasar Sukatani hingga mencapai Rp78.570/ kilogram, padalah sebelumnya harga cabai rawit merah Rp 74.500/kilogram.

Dia juga menjelaskan, harga bawang merah juga mengalami kenaikan namun tidak terlalu tinggi seperti harga cabai. “Di Pasar Sukatani harga bawang merah juga mengalami keniakan hingga Rp 1.200/kilogram, sekarang harga cabai bisa mencapai Rp 34.000/kilogram,” tandas Epi.(cr2)