Beranda Pendidikan Kenali 8 Negara di ALKI In D’Fest

Kenali 8 Negara di ALKI In D’Fest

0
Kenali 8 Negara di ALKI In D’Fest
SANI/RADAR DEPOK INTERNASIONAL: SMPIT Al Haraki menggelar ALKI In d'Fest 2018 di sekolah yang berlokasi di Jalan Belimbing 3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (29/3).
SANI/RADAR DEPOK
INTERNASIONAL: SMPIT Al Haraki menggelar ALKI In d’Fest 2018 di sekolah yang berlokasi di Jalan Belimbing 3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (29/3).

DEPOK – Mengenal budaya dari berbagai negara asing di belahan dunia memang menjadi suatu nilai tambah yang harus dimiliki siswa. Berbagai cara bisa dilakukan, salah satunya yang dilakukan SMPIT Al Haraki dalam Al Haraki International Day Festival 2018, Kamis (29/3).

Ketua Pelaksana, Ria Rista Agustina mengatakan, Al Haraki International Day Festival atau yang biasa disebut ALKI In d’Fest bertujuan, untuk menambah pengetahuan siswa tentang budaya dari negara-negara yang tersebar di beberapa benua.

“Jadi pengetahuannya bukan hanya dari dalam negeri saja, tapi juga harus dari luar negeri, agar semakin luas wawasannya,” kata Ria Rista kepada Radar Depok.

Ria Rista menjelaskan, kegiatan yang diikuti seluruh siswa dari Level 7 dan 8, mengusung tema “Grow With Culture and Be The Great Muslim Character” dengan menampilkan delapan negara, dari tiap benua di masing-masing kelas.

“Ada Madagaskar, Zimbabwe, Colombia, Jepang, Peru, Palestina, Polandia, dan Filipina. Tujuannya, agar siswa bisa tumbuh dengan karakter muslim yang baik dan menumbuhkan nilai-nilai budaya dari tiap negara tersebut,” jelasnya.

Ada hal yang berbeda dari pelaksanaan tahun ini, ALKI In d’Fest 2018 dihadirii dari dua sekolah yang ada disekitar lingkungan sekolah, yakni SMP PGRI 1 Depok dan SMP Pelita 1 Depok.

“Kami ingin berbagi informasi dengan sekolah di sekitar, terkait kegiatan yang ada di sekolah kami, sekaligus sebagai ajang silaturahmi,” ujar Ria Rista.

Selain mengundang sekolah lain, SMPIT Al Haraki juga menghadirkan narasumber dari masing-masing negara di ALKI In d’Fest 2018. Narasumber tersebut, merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S2 di Indonesia, dan mereka mempresentasikan tentang profil negaranya masing-masing.

“Dipandu juga oleh maskot yang ditunjuk dari masing-masing negara di tiap kelas,” ucap Ria Rista.

Direktur Pendidikan SIT AL HARAKI, Susi P Krisnawan mengapresiasi kegiatan  ALKI In d’Fest 2018 yang merupakan sinergitas antara pihak sekolah, siswa, dan orangtua siswa.

“Program sekolah tanpa dukungan dari orangtua, tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Semoga dapat menjaga silaturahmi dan kekompakkan antara guru dan sekolah,” pungkasnya. (cr3)