Koruptor RTLH Rugikan Negara Rp482 Juta

In Metropolis

DEPOK – Ada kabar teranyar dari kasus rasuah dana bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2016, di Kelurahan Sukamaju, Cilodong. Akibat ulah sembrono Agustina Tri Handayani, Aulia Haman Kartawinata selaku Ketua LPM Sukamaju, dan Tajudin bin Tarmudi selaku Sekretaris LPM Sukamaju di 2016. Negara dirugikan Rp482.550.525.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, Sufari mengatakan, Korps Adhyaksa telah menetapkan tiga nama tersangka, antara lain Agustina Tri Handayani, Aulia Haman Kartawinata dan Tajudin bin Tarmudi. Kerugian negara yang ditimbulkan dari hasil korupsi RTLH, berdasarkan perhitungan audit kerugian keuangan negara oleh Tim Audit Inspektorat Daerah, Kota Depok sebesar Rp482.550.525.

Menurutnya, penyimpangan terjadi karena ada pemotongan bantuan yang seharusnya Rp18 juta, dipotong ketiga tersangka. “Ada yang dipotong sejuta, ada yang dipotong tiga juta,” kata Sufari kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Selain itu, pembuatan proposal dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) bukan dibuat oleh keluarga penerima manfaat. Tetapi proposal dan LPJ dibuatkan oleh ketiga tersangka. Sedangkan bukti pertanggungjawaban penggunaan uang yang tercantum di LPJ tidak sesuai dengan nilai 18 juta yang diterima. “Akibat perbuatan tersangka kasus Korupsi RTLH terancam pasal 2, pasal 3 UU pemberantasan tipikor, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” terangnya.

Menambahkan ucapan Kajari, Jaksa Pidsus Kejari Depok, Tohom Hasilohan menuturkan,  uang sebesar Rp 18 juta seketika setelah cair dari bank, langsung diminta dikumpulkan ke tiga tersangka. Guna dikelola dan dilaksanakan pengerjaan. Sedangkan, jumlah penerima bantuan di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong ada 68 Kepala Keluarga (KK).

Target maret ini selesai pemberkasan, apabila selesai segera akan dilimpahkan ke pengadilan tipikor Bandung guna dilakukan persidangan, tandasnya.(cr2)

 

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun di Depok

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu