Kouta Mudik Gratis Jabodetabek 44.325 Jiwa

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
PULANG KAMPUNG : Warga sedang beraktifitas untuk memasukan barangnya ke dalam bagasi Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di kawasan Jalan Margonda Raya.

DEPOK – Khalayak Depok yang mau pulang ke kampung halaman saat Idul Fitri 1439 Hijriah gratis, mesti gerak cepat. Keladinya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjatahkan kuota di Jabodetabek hanya 44.325 jiwa. Jadi, aturan main pendaftaran tersebut siapa cepat dia dapat.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Anton Tofani mengatakan, berdasarkan inforamsi Kemehub untuk kouta mudik gratis angkutan lebaran (Angleb) 2018 kawasan Jabodetabek, antara lain untuk sepeda motor koutanya 2.025 dengan diangkut 45 truk, dan 44.325 orang dengan 985 bus untuk mengangkut.

Sedangkan untuk arus balik Kemenhub menyediakan, kata Anton khusus sepeda motor 1.125 dengan angkutan truknya sebanyak 25 unit dan 6.525 dengan menyediakan 145 bus.

“Kalau kouta di Depok ini berdasarkan jumlah peminat yang daftar program mudik gratis,” kata Anton, kepada Harian Radar Depok, di kantor Dishub Kelurahan Kalimulya, Cilodong kemarin.

Pendaftaran mudik gratis ini, sebut Anton, dilaksanakan pihak ketiga, dimana untuk di Depok ada di Stasiun Depok Baru dan Terminal Depok Jalan Margonda. “Pemberangkatan khusus di Depok yaitu pada 11 Juni mengunakan bus, tepatnya di Terminal Jatijajar. Pendaftaran sudah mulai sejak Selasa (20/3),” kata dia.

Tujuan mudik gratis ini, untuk jalur Sumatera tujuan Kota Padang, Sumatra Barat dengan memberangkatkan satu unit bus. Sedangkan jurusan kawasan Jawa Barat ada lima kota tujuan dengan 120 bus.

Arah Jawa Tengah ada 26 kota tujuan dengan 862 bus dan 45 truk. Selain itu, untuk arus balik khusus Jawa Tengah menyediakan 145 bus dan 25 truk di empat kota. ”Berdasarkan data yang ada setiap tahun kouta mudik gratis ini selalu naik,” katanya.

Menambahkan ucapan Anton, Kadishub Depok Dadang Wihana menyebutkan, pelaksanaan mudik gratis yang digelar Kemenhub harus dimanfaatkan warga Depok. Menurut Dadang, mudik lebaran ke kampung halaman dengan sepeda motor berbahaya dengan jarak tempuh jauh. “Kami sarankan untuk mengunakan program jasa mudik gratis, karena Kemenhub menyediakan angkutan untuk mengangkut sepeda motor,” ungkapnya.(irw)

You may also read!

SMK putra bangsa alfamidi

Guru SMK Putra Bangsa Ikut Alfamidi Class

PROGRAM : Lima guru SMK Putra Bangsa mengadakan Program Alfamidi Class dengan menjalani Trainning for

Read More...
literasi kota depok SD

18 Siswa Depok Torehkan Prestasi di Lomba Literasi

HEBAT : Siswa yang berhasil juara dalam Lomba Literasi tingkat Kota Depok jenjang pendidikan SD.

Read More...
lapangan milik megapolitan

Megapolitan Developments Pemilik Sah Tanah SHGB No9 di Limo

DIBANGUN : Penggarap lahan Lapangan Relis di RT9/9 Kelurahan/Kecamatan Limo, sedang membangun rumah di lahan

Read More...

Mobile Sliding Menu