Beranda Satelit Depok Laksanakan Jumsih, Pasang Peringatan Ditempat Pembuangan Sampah Liar

Laksanakan Jumsih, Pasang Peringatan Ditempat Pembuangan Sampah Liar

0
Laksanakan Jumsih, Pasang Peringatan Ditempat Pembuangan Sampah Liar
DICKY/RADARDEPOK BERSIHKAN: Aparatur Kelurahan Bedahan, saat melaksanakan kebersihan disekitar kantor Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
BERSIHKAN: Aparatur Kelurahan Bedahan, saat melaksanakan kebersihan disekitar kantor Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, kemarin.

Walaupun wilayah Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, tidak termasuk dalam pengawasan penilaian Piala Adipura. Namun, menjaga kebersihan tetap dilaksanakan aparatur Kelurahan Bedahan. Baik dalam melaksanakan Jumat Bersih (Jumsih), maupun memberikan peringatan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sejak pagi ayunan sapu dan cangkul bergerak dengan seirama di tangan aparatur Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan. Selain membersihkan halaman kantor Kelurahan, aparatur Kecamatan Bedahan juga melaksanakan kebersihan di luar sekitar halaman kantor kelurahan. Usai melaksanakan kebersihan, Lurah Bedahan,  Jamhurrobi mengatakan, kegiatan kebersihan yang dilakukan aparatur kelurahan merupakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih).

“Kami rutin melaksanakan Jumsih, untuk menjaga kebersihan kantor Kelurahan Bedahan,” ujar mantan Kasi Tramtib di Kecamatan Sawangan.

Jamhurrobi mengungkapkan, pelaksanaan Jumsih dilakukan mulai dari dalam kantor, halaman kantor, hingga jalanan sekitar kantor Kelurahan Bedahan. Hal itu secara tidak langsung mengajak masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan,  dengan melaksanakan kegiatan yang sama. Menurutnya, mencegah terjadinya penyakit berbasis lingkungan, dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, baik di sekitar rumah maupun lingkungan tempat tinggal.

Pria yang memiliki istri sebagai tenaga pengajar tersebut menuturkan, selain melaksanakan kebersihan, pihaknya juga membersihkan sampah yang dibuang oknum masyarakat di kebun kosong. Setelah dilakukan pembersihan, pihaknya memasang papan peringatan atau larangan untuk tidak membuang sampah di kebun kosong, maupun ditempat manapun yang dapat mengganggu ketertiban umum.

“Kami mengajak masyarakat untuk sama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan menjaga kebersihan lingkungan,” tutup Jamhurrobi. (*)