Mabit Bentuk Karakter Siswa

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
BIDANG ROHANI: Siswa Rohis SMPN 8 Depok didampingi pembina, Jamaludin Noor (tengah) usai melaksanakan Mabit di sekolah, Minggu (4/3).

DEPOK– Pendidikan karakter menjadi salah satu program unggulan SMP Negeri 8 Depok. Salah satu bentuk kegiatannya adalah Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT). Sebanyak 100 siswa ikut serta dalam kegiatan tersebut sejak Sabtu-Minggu (3-4/3).

Pembina Rohis SMPN 8, Jamaludin Noor mengatakan, kegiatan yang dikhususkan untuk siswa-siswi muslim merupakan angenda bulanan di bawah naungan Rohani Islam (Rohis) sekolah yang bertujuan membangun generasi yang unggul di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) berlandaskan iman takwa (Imtak).

“Mabit ini juga bagus untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mendalam tentang keislaman sekaligus melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa,” kata Jamal kepada Radar Depok, ditemui di sekolah Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, kemarin (5/3).

Jamal menyampaikan beberapa hal yang menjadi tolok ukur keberhasilan dari kegiatan Mabit. Di antaranya perubahan sikap siswa yang menjadi lebih baik. Terjadinya penguatan kecerdasan spiritual yang menjadi bekal siswa.

“Intinya, setelah kegiatan ini siswa dapat menjadi contoh teladan dalam kebaikan bagi sesama teman-temannya atau singkatnya jadi pembaharu akhlah di kalangan siswa lainnya karena sudah mendapat poin lebih dalam hal agama,” jelas Jamal.

Terdapat delapan aktivitas yang berbeda dalam kegiatan Mabit bulan ini yang dimulai sejak pukul 17:00 (Sabtu) hingga ) 07:00 (Minggu) pagi. Untuk Sabtu kegiatannya adalah zikir petang, salat berjamaah Magrib dan Isya, training motivasi.

“Dilanjut pukul 03:00 dini hari siswa berangkat ke masjid untuk melaksanakan Salat Tahajud dan Subuh berjamaah. Kemudian kuliah subuh, zikir pagi dan ditutup dengan salat sunah Isyroq. Setelah itu siswa kembali ke sekolah bersiap-siap pulang,” ucap Jamal.

Diharapkan melalui kegiatan Mabit tersebut, seluruh siswa dari ekstrakurikuler Rohis maupun di luar itu dapat meningkatkan sisi religius baik di lingkungan sekolah dan di rumah.

“Saat Mabit serius beribadah, di rumah juga dibiasakan. Agar seimbang antara spritual dan jasmani,” tutup Jamal. (cr3)

You may also read!

tangannya masuk ke penggilingan

Seram, Selama 4 Jam Pekerja Tangannya Masuk Penggilingan Daging

EVAKUASI : Petugas tengah menyelamatkan karyawan yang mengalami kecelakaan kerja, di toko milik Haji Doni,

Read More...
PNJ ke masyarakat 1

PNJ Bantu Perbaiki Instalasi Listrik di Masjid Riyadus Solihon, Kampung Kebon Duren, Cilodong

PERBANTUKAN : Program Studi Konversi Enegeri Bantu Perbaiki Instalasi Listrik dan Pemasangan Saklar Otomatis di

Read More...
berita PNJ berikutnya 1

PNJ Gelar Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami di Cilodong

PELATIHAN : PNJ mengadakan pelatihan pembuatan hansanitizer alami berbahan dasar daun sirih dan jeruk nipis

Read More...

Mobile Sliding Menu