Beranda Metropolis Nurbaiti: Gotong Royong Penting Dalam JKN-KIS

Nurbaiti: Gotong Royong Penting Dalam JKN-KIS

0
Nurbaiti: Gotong Royong Penting Dalam JKN-KIS
FOTO: Nurbaiti Kader JKN-KIS
FOTO: Nurbaiti
Kader JKN-KIS

DEPOK-Nurbaiti, perempuan berusia 41 tahun bekerja sebagai ibu rumah tangga (IRT). Kesehariannya perempuan yang tinggal di Jalan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoranmas Kota Depok ini kader JKN-KIS.

Kader JKN-KIS merupakan orang-orang yang menjadi mitra BPJS Kesehatan, untuk menjalankan sejumlah fungsi BPJS Kesehatan. Antara lain fungsi perluasan peserta dan fungsi pengumpul iuran.

Nurbaiti merupakan salah satu kader JKN-KIS di Kota Depok yang berprestasi. Sejak menjadi kader JKN-KIS pada April 2017, Nurbaiti telah berhasil mengumpulkan iuran yang cukup besar.

Ia menuturkan, dalam melakukan tugas sebagai kader JKN-KIS, ia selalu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS tentang pentingnya penyelenggaraan program JKN-KIS. Tidak jarang ia mengunjungi peserta-peserta di daerahnya untuk mengingatkan kepada mereka melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran JKN-KIS.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai kader JKN-KIS, Nurbaiti sering mengalami kendala-kendala seperti ada peserta yang menginginkan untuk melakukan pembayaran secara dicicil, hal ini dikarenakan pembayaran iuran sekeluarga cukup besar dan adapula yang memandang bahwa pelayanan kepada peserta JKN-KIS yang seolah-olah dinomor duakan. Oleh karena itu, tidak jarang Nurbaiti melakukan sosialisasi kepada peserta JKN-KIS, Nurbaiti selalu mengedukasi peserta tentang manfaat program JKN-KIS serta pentingnya pentingnya prinsip gotong royong dalam penyelenggaraan program JKN-KIS.

“Kebanyakan masyarakat setelah dilakukan sosialisasi, pemahaman dan tingkat kepercayaannya terhadap program JKN-KIS semakin meningkat. Oleh karena itu, saya akan melakukan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat,” ucap Nurbaiti.

Nurbaiti berharap pengelolaan program JKN-KIS lebih ditingkatkan lagi sehingga semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap program JKN-KIS. Ia juga mengajak kepada masyarakat yang belum mendaftar agar segera mendaftarkan dirinya, agar terhindar masalah pembiayaan ketika sakit, serta kepada masyarakat agar secara rutin membayar iurannya. Karena gotong royong sangat penting untuk menjaga agar program ini tetap dapat berjalan dengan baik.(hmi)