Panitia Pasanggiri Pakai Baju Adat

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
KOMPAK: Panitia lomba beserta Ketua LLP Kecamatan Sukmajaya, Haris Fadillah, seragam mengenakan baju adat Sunda, Sabtu (3/3).

DEPOK– Lomba Pendidikan di tingkat Kecamatan Sukmajaya terus digulirkan. Kini giliran lomba yang memadukan seni dan budaya Sunda, yakni Pasanggiri.

Ada hal unik dalam pelaksanaan lomba tersebut. Seluruh panitia lomba yang notabennya kepala sekolah kompak mengenakan baju adat Jawa Barat yaitu Kebaya, Sabtu (3/3).

“Pasanggiri ini kan ajang untuk melestarikan budaya, jadi kita sesuaikan dengan penggunaan baju seragamnya. Ibu-ibu pakai kebaya, bapak-bapaknya pakai ikat kepala,” kata Koordinator Lomba Pasanggiri Kecamatan Sukmajaya, Beti Nurbaeti kepada Radar Depok.

Beti menjelaskan, mengenakan baju kebaya dan ikat kepala adalah salah satu bentuk melestarikan dan mengenalkan budaya Sunda ke siswa.

“Jangan sampai kita yang berada di tanah Jawa Barat budayanya tidak diketahui oleh siswa. Mereka penerus bangsa, jadi harus dikenalkan dan dibiasakan sejak dini,” ucap Beti saat ditemui di lokasi lomba, Jalan Semar Raya, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Selain panitia, beberapa siswa yang ikut serta dalam lomba juga ada yang mengenakan baju adat. Mereka terlihat sangat antusias saat tampil di depan para juri yang dan penonton yang menyaksikan.

Di lokasi yang sama, Penanggung Jawab Lomba Pasanggiri Sukmajaya, Heti Agustiawati menuturkan, dalam Lomba Pasanggiri tahun ini terdapat lima mata lomba yang diperlombakan, yakni Pupuh, Kawih, Sajak, Nagdongeng dan Aksara Sunda.

“Saya senang semua sekolah di Sukmajaya dapat ikut serta, tahun lalu kan hanya berdasarkan gugus. Jadi menurut saya lebih baik seperti ini, semua siswa dapat tunjukkan dan kembangkan bakat mereka berbahasa Sunda,” ujar Heti.

Heti berharap, seluruh siswa bukan hanya menekuni dan belajar bahasa Sunda ketika menuju lomba. Namun, alangkah lebih baiknya jika dipraktekkan.

“Maunya dipraktekkan langsung di rumah atau di sekolah, biar makin lancar. Semoga siswa yang berhasil lolos dapat mewakili Sukmajaya di tingkat kota dan provinsi serta membawa pulang piala,” harapnya. (cr3)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu