Beranda Komunitas Depok PNBC Wadah bagi Pemuda Batak

PNBC Wadah bagi Pemuda Batak

0
PNBC Wadah bagi Pemuda Batak
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK KOMPAK: Para anggota PNBC berfoto bersama seusai melakukan kegiatan ibadah serta pertemuan bulanan PNBC.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
KOMPAK: Para anggota PNBC berfoto bersama seusai melakukan kegiatan ibadah serta pertemuan bulanan PNBC.

DEPOK – Guna meningkatkan tali silaturahmi serta menjaga agar generasi muda Batak di Kecamatan Cilodong tidak melupakan adat istiadat dan bahasa leluhurnya, sekelompok pemuda Batak di Kecamatan Cilodong membentuk paguyuban bernama Punguan Naposo Bulung Cilodong (PNBC) atau yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan paguyuban pemuda batak Cilodong.

Pendiri PNBC, Indra Siregar mengatakan, PNBC lahir dari kesadaran para pemuda Batak di Cilodong yang mayoritas lahir dan besar di tanah perantauan orang tuanya, khususnya di Kota Depok.

Sehingga tak jarang banyak yang sudah tidak begitu mengerti tentang adat istiadat serta bahasa Batak yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

Dengan adanya PNBC tersebut dapat menjadi wadah untuk para pemuda Batak belajar lebih banyak tentang adat istiadat dan juga bahasa Batak.

“Kami ingin agar pemuda Batak jangan sampai lupa akan asal-usul mereka. Kami juga ingin teman–teman kami yang lain bisa lebih akrab dan kenal satu sama lain. Karena banyak pemuda Batak di Cilodong ini tapi tak jarang kami belum mengenal satu sama lain,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PNBC, Hewi Silitonga mengatakan, PNBC juga menjadi wadah peningkatan kesadaran rohani bagi para anggotanya. PNBC rutin melakukan pertemuan bulanan yang disertai dengan ibadah.

“Kami juga ingin berpartisipasi dalam menyukseskan program Depok menuju religius. Apapun agamanya, kegiatan ibadah harus ditingkatkan,” ucap Hewi.

Saat ini PNBC masih beranggotakan 30 orang. Namun dia masih berusaha mengumpulkan seluruh pemuda Batak di Kecamatan Cilodong yang diperkirakan masih ada 200 pemuda lagi.

“Kami mengajak semua pemuda Batak yang ada di Kecamatan Cilodong untuk bergabung bersama PNBC sama-sama belajar tentang adat istiadat dan bahasa leluhur kita,” tutupnya. (dra)