RICKY/RADAR DEPOK TENGOK: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat melihat langsung kondisi sungai di Desa Susukan, Bogor, kemarin.
RICKY/RADAR DEPOK
TENGOK: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat melihat langsung kondisi sungai di Desa Susukan, Bogor, kemarin.

DEPOK Mengatasi permasalahan sungai, tidak bisa hanya dari muaranya. Perlu juga ditengok ke sumber hulu. Hal itulah yang dilakukan oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna yang menengok langsung aliran sungai di Desa Susukan, Bogor, kemarin. Ia ingin melihat kondisi sungai yang mengarah ke Pesanggerahan dan Pasir Putih.

“Masalahnya masih sama. Soal sampah,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok ini mengatakan, kini bersama masyarakat Pasir Putih dan Desa Susukan, bahu membahu membersihkan sungai.

Lebih jauh soal perawatan sungai, dirinya berharap pula adanya intervensi pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC), termasuk bidang sumber daya air dari Pemprov Jawa Barat. Karena aliran sungai dapat melintasi beberapa wilayah kabupaten/kota. “Dan sosialisasi terus agar masyarakat tidak lagi buang sampah di sungai. Sedih rasanya melihat sungai penuh sampah,” tegasnya.

Disinngung soal sejauh mana kontribusi BWSCC terhadap sungai-sungai di Depok, kata Pradi, beberapa kali pihaknya sudah duduk bersama. Namun nampaknya dibutuhkan strategi yang jauh lebih besar untuk intervensi sungai yang ada.

“Kalau bisa masuk proyek strategis nasional (PSN) di wilayah Jabodetabek. Soal buang sampah sembarangan, perlu ada sanksi tegas,” tandasnya. (cky)