Radar Depok Terverifikasi Dewan Pers

In Utama
Terverifikasi: Harian Radar Depok telah terdaftar di Dewan pers

DEPOK – Legalitas Harian Radar Depok diakui Dewan Pers belum lama ini. Lembaga independen di Indonesia yang berfungsi untuk mengembangkan dan melindungi kehidupan pers, akhirnya mengeluarkan status untuk Radar Depok telah terverifikasi administrasi tertanggal 16 Maret 2018.

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo menyebutkan, Indonesia memiliki media masa terbanyak di dunia. Sekitar 47.000 terbagi media cetak, radio, televisi dan media online.

“Dari jumlah itu 2.000 adalah media cetak, 674 radio, 523 televisi termasuk lokal, dan lebihnya media daring,” kata Stanley -panggilan akrabnya-, selapas memberikan materi dalam pelatihan Redaksi Pelaksana (Redpel) se-Radar Bogor Grup (RBG), belum lama ini.

Kepada Radar Depok, dari jumlah itu masih banyak media asal saja, tidak memenuhi syarat sebagai media. Tetapi tetap eksis karena dibantu APBD. Menurutnya, kebebasan pers yang dinikmati saat ini jangan dijadikan kesempatan untuk membuat berita bohong atau hoax. Untuk menangkal itu salah satunya verifikasi media massa. Dewan pers berkomitmen untuk melaksanakan hal tersebut secara bertahap.

“Kegiatan verifikasi penting dilakukan agar media tersebut dapat menjalankan kegiatan sesuai undang-undang dan kode etik jurnalistik yang berlaku. Bagus kalau Radar Depok sudah terverifikasi,” tegasnya.

Terkait Uji Kompetensi Wartawan (UKW), kata Stanley itu penting juga. Tapi, ditemukan saat UKW ada warga sipil, aparatur sipil negara (ASN) dan aparat ikut-ikutan. Nah, hal-hal ini yang harus dihindari. “Jika ada profesi diluar ikut UKW silahkan laporkan ke Dewan Pers. Nanti lembaga yang menyelenggarakan UKW akan kami kaji,” ucapnya pria berkacamata itu.

Sementara, General Manager (GM) Harian Radar Depok, Iqbal Muhammad menegaskan, adanya verifikasi tersebut, pertanda Radar Depok sudah memenuhi syarat verifikasi yang merupakan amanat UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers untuk mendata perusahaan pers. “Bisa dikatakan kami koran lokal pertama di Depok yang sudah tersertifikasi Dewan Pers,” katanya.

Dengan adanya verifikasi ini, lanjut Iqbal segala sesuatu permasalah pada pemberitaan bisa langsung diadukan ke Dewan Pers. Namun, tentunya melewati dahulu proses hak jawab dan lainnya. “Saya rasa verifikasi ini penting, ini merupakan salah satu pembuktian media tersebut legal atau ilegal. Karena saat ini  media di Depok sudah banyak,” tandasnya. (hmi)

You may also read!

iklim la nina

Iklim La Nina Diperkirakan ‘Singgah’ di Kota Depok

ANTISIPASI LA NINA : Warga depok saat menggunakan payung mengantisipasi hujan. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...
bunga jalan margonda

Depok Memperpanjang Pembatasan Kegiatan Usaha, Berikut Rinciannya

Aktifitas pengendara dan masyarakat di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...
pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...

Mobile Sliding Menu