SDNP Tunas Iblam Depok Bantu Warga Lewat Sampah

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PEDULI LINGKUNGAN: Laskar kebersihan SD Nasional Plus (SDNP) Tunas Iblam melakukan pemilahan sampah yang ada di sekolah, kemarin (23/3).

DEPOK – Sekolah berwawasan lingkungan sudah melekat dalam diri SD Nasional Plus (SDNP) Tunas Iblam sejak beberapa tahun belakang.

Sekolah yang berlokasi di Jalan R. Sanim, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, ini menerapkan nilai cinta dan peduli lingkungan kepada siswa setiap hari.

Berbagai cara dilakukan sekolah tersebut, salah satunya dengan membawa dan memilih sampah di sekolah.

Namun ada yang berbeda kemarin (23/3), empat siswa yang merupakan laskar kebersihan sekolah tengah membersihkan dan memilah sampah di halaman sekolah.

“Kami sedang membereskan sampah-sampah yang sudah dikumpul sejak minggu lalu untuk proses penimbangan besok (hari ini, red) ke bank sampah di RW sini,” kata Wakil Kepala SDNP Tunas Iblam Bidang Kesiswaan, Kartini kepada Radar Depok.

Biasanya, kata Kartini, proses pemilahan sampah dilakukan setiap Selasa. Seluruh siswa diwajibkan untuk membawa sampah dari rumah ke sekolah.

Tapi kemarin dilakukan kegiatan tersebut karena SDNP tunas Iblam ikut serta dalam mengikuti kegiatan sosial yang ada di keluarahan Tanah Baru.

“Dapat imbauan dari lurah, sekolah kami untuk menyumbangkan sampah nonorganik yang ada di sekolah ke bank sampah kelurahan,” lanjutnya.

Kartini menjelaskan, imbauan dari Lurah Tanah Baru tersebut bertujuan untuk membantu salah satu warga yang terkena penyakit tumor.

“Kami infokan ke siswa bahwa mereka akan menyumbangkan sebagian sampah yang sudah dikumpulkan untuk diserahkan ke kelurahan membantu warga itu, dan mereka sangat antusias menjawabnya,” ujarnya.

Dengan adanya imbauan tersebut membawa hal positif kepada sekolah dan siswanya. Karena, dapat meningkatkan jiwa sosial siswa ke masyarakat.

“Kata siswa, selain sampah bisa dijual terus uangnya untuk kas kelas, ternyata bisa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan juga melalui sampah yang sudah mereka kumpulkan,” pungkas Kartini. (cr3)

You may also read!

ulama ke idris imam

Persatuan Ulama-Habaib Depok Beri Restu Idris-Imam

DEKLARASI : Dihadiri Paslon Nomor Urut 2 dan elit partai Koalisi TAS, Persatuan Ulama dan

Read More...
penghargaan naik tingkat

Sanggar Ayodya Pala : Siswa Ujian Kenaikan Tingkat Raih Penghargaan

RAIH PENGHARGAAN : Sejumlah siswa Sanggar Ayodya Pala yang telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat mendapatkan

Read More...
jatijajar repot urus administasi

Beredar Foto Spanduk ‘Ganti Lurah Jatijajar’

MUNDUR : Ketua RT dan RW, di lingkup RW2, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, mundur serentak

Read More...

Mobile Sliding Menu