Si Duri Masih jadi Favorit

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MENGGIURKAN : Pedagang sedang menata durian dagangannya di Pesta Durian yang diselenggarakan di Dmall Depok, Jalan Margonda Raya, kemarin.

DEPOK – Bagi sebagian orang, sulit rasanya menolak durian apalagi jika sudah terlanjur tergiur dengan aromanya yang menyengat dan menggugah selera.

Kulit buah durian yang keras dan berduri tajam tak lagi jadi halangan menyantap manisnya buah durian meskipun ada sebagian orang lain yang tak bisa mengkonsumsinya karena tidak tahan dengan aromanya.

Durian bisa dinikmati dengan berbagai cara, ada yang bisa dimakan langsung atau ditambahkan dengan ketan bahkan diolah menjadi berbagai makanan.

“Durian itu meski durinya terlihat berbahaya namun didalamnya terdapat daging buah yang nikmat, ” ujar Pemilik Toko Durian Claden, Didih Suhardi.

Didi menuturkan, buah durian merupakan buah khas daerah tropis. Buah durian berasal dari kawasan Asia Tenggara dan dinamakan durian karena memang banyak memilili duri.

Durian memiliki sebutan King of Fruit karena memang daya tariknya luar biasa dan memiliki ciri khas tersendiri. Pohon durian tumbuh secara liar dihutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya, ini adalah yang terbanyak. Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter.

“Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya, ” ungkapnya.

Buah durian adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antra 1kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm.

Daging Buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji Buah durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis Buah durian itu sendiri. “Semua tergantung jenis duriannya, kebanyakan sih dari Medan, Rancamaya dan Semarang, ” tutupnya. (ina)

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu