Beranda Metropolis Situ Harus Segera Direvitalisasi

Situ Harus Segera Direvitalisasi

0
Situ Harus Segera Direvitalisasi
Suparyono Wakil Ketua DPRD Kota Depok
FOTO: Suparyono
Wakil Ketua DPRD Kota Depok

DEPOK– Wakil Ketua DPRD Kota Depok Supariyono menegaskan, perlu adanya revitalisasi situ yang ada di Kota Depok karena kondisnya sudah darurat di beberapa situ dari 23 situ yang ada.

Contohnya, sebut dia, Situ Bahar yang berada di Perumahan Villa Pertiwi, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong sudah ditumbuhi rumput. Ini tegas dia sudah sangat darurat untuk direvitalisasi.

Maka itu Pemkot Depok harus secepatnya berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementrian PUPR sebagai yang memiliki kewenangan terhadap situ dan sungai.

“Kami sangat mendukung rencana revitalisaai situ baik untuk tujuan wisata maupun tujuan konservasi air,” kata Supariyono, kepada Radar Depok, kemarin.

Sebelumnya, tambah Politikus PKS ini Komisi B dan C DPRD Kota Depok telah berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC).

Di dalam kunjungan tersebut, BBWSCC mempersilakan bagi daerah yang ingin memanfaatkan keberadaan situ yang merupakan otoritas BBWSCC untuk kepentingan pariwisata daerah atau kepentingan lainnya. “Tapi tetap harus berkoordinasi dengan BBWSCC,” jelasnya.

Diharapkan, Pemkot Depok segera memanfaatkan peluang ini. Dirinya di DPRD juga sudah membuatkan payung hukum bagi Pemkot Depok berupa Peraturam Daerah (Perda) Pariwisata Alam.

Perda ini jelasnya, dapat digunakan sebagai payung hukum dan acuan bagi pemerintah untuk menjadikan situ-situ tersebut menjadi tujuan wisata.

Lanjut dia, belum lama ini tepat pada rapat koordinasi komisi dengan dinas pada tanggal 5 dan 6 Maret juga sudah direkonendasikan agar dinas terkait seperti DPUPR, Disporyata, dan Disrumkim Depok agar segera melakukan kajian dan berkoorsinasi dengan BBWSCC untuk merealisasikam program revitalisasi ini.

“Saya juga berharap pemkot Depok mulai memperhatikan bentuk situ, kerena taman yang bentuknya daratan sudah cukup banyak. Untuk pendanaan juga kami pernah bertemu dengan DPRD DKI dan mereka menyatakan siap membantu, apalagi penanganan setu ini juga sangat berpengaruh terhadap penanganan banjir di DKI Jakarta,” ungkapnya. (irw)