Beranda Pendidikan Ujian Senam Pakai Alat Rumah Tangga

Ujian Senam Pakai Alat Rumah Tangga

0
Ujian Senam Pakai Alat Rumah Tangga
SANI/RADAR DEPOK SEDERHANA: Siswa-siswi kelas IX SMPN 15 Depok sedang ujian praktek penjas di halaman sekolah, kemarin (6/3).
SANI/RADAR DEPOK
SEDERHANA: Siswa-siswi kelas IX SMPN 15 Depok sedang ujian praktek penjas di halaman sekolah, kemarin (6/3).

DEPOK– Siswa-siswi kelas IX melaksanakan ujian praktek mata pelajaran pendidikan jasmani (penjas) di halaman sekolah, kemarin (6/3). Kategori pengambilan nilai adalah senam irama. Ada hal unik, yakni para siswa menggunakan alat rumah tangga untuk pelengkap senam.

“Saya bebaskan mau bawa peralatan apa saja, karena mengingat pengeluaran menjelang ujian ini banyak, jadi kalau bisa yang jangan menambah beban keuangan mereka lagi,” kata guru penjas SMPN 15 Depok, Rahmat Hidayat kepada Radar Depok.

Rahmat menuturkan, dengan alat-alat tersebut dapat membantu gerakan siswa agar lebih hidup dan tidak kaku. Selain alat, pemilihan lagu untuk senam juga ia serahkan ke siswa.

“Biasanya ditentukan gerakannya, sekarang biarkan mereka berkreasi dengan menentukan lagu, irama, serta gerakannya. Jadi tinggal dinilai kekompakkan mereka saja,” tutur Rahmat.

Tujuan dari ujian praktek penjas untuk mengukur dan menilai kemampuan siswa selama menjalankan kegiatan belajar mengajar.

“Ujian praktek juga bagian dari kegiatan UN yang wajib diikuti siswa. Jadi kalau mereka mau lulus ya harus melewati rangkaian ini dulu,” lanjutnya.

Selain senam irama, terdapat lima kategori olahraga lain yang menjadi acuan dalam mata pelajaran penjas, yakni voli, sit up, push up, atletik dan renang.

“Yang sebelumnya sudah dilaksanakan duluan. Jadi ini adalah tahap akhir. Alhamdulillah semua nilai sudah masuk, tinggal saya rekap saja untuk diberikan ke sekolah,” tutup Rahmat. (cr3)