Waspada Rumah Dibantaran Ciliwung

In Metropolis

DEPOK – Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat, bukan hisapan jempol belaka. Kemarin, kendati Depok tak diguyur hujan deras. Ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor sempat mencapai 170 centimeter per 16.30, dan menyusut pada pukul 19.00 menjadi 90 centimeter menjadi siaga tiga. Tinggi air akibat intensitas hujan di kawasan Puncak meningkat.

Penjaga Bendungan Katulampa Bogor, Andi Sudirman mengatakan, intensitas hujan di kawasan Puncak memang sedang tinggi, sejak malam hujan pun masih membasahi kawasan puncak. “TMA sudah mencapai 170 cm per 16.30 WIB, sementara pukul 19.00 turun menjadi 90 centimeter,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, kondisi tersebut berubah seiring dengan gerimis halus yang terus terjadi di daerah hulu, yakni Puncak. Untuk kondisi cuaca, Andi melihat, belum ada perubahan signifikan dengan debit air 339 liter kubik per detik. “Kami akan terus antisipasi dan pantau jika nanti intensitas hujan terus meningkat,” kata dia.

Andi menyebutkan, pihaknya akan melaporkan adanya aktivitas kenaikan permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa kepada pihak DKI Jakarta dan penjaga pintu air di Depok dan juga Manggarai. Informasi ini disampaikan agar warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung waspada terhadap adanya kenaikan permukaan air.

Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), semua kecamatan di wilayah Bogor kota dan kabupaten diguyur hujan disertai petir.

Sementara, Kepala Bidang SDA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Depok, Citra Indah Yulianti menyebutkan, satgas stand by di posko 2 regu. Nantinya satgas akan menyiapkan peralatan dan bahan-bahan untuk penanggulangan banjir darurat seperti bambu, karung, batu, bronjong. “Nanti kami juga akan koordinasi dengan dinas terkait jika banjir besar,” terangnya.

Selama masih musim kering, kata Citra pihaknya mengeruk beberapa titik lokasi rawan banjir dengan alat spider besar dan mini. “Kami juga sedang mengeruk situ untuk tahun ini, baru Situ Bojongsari dan Pengasinan,” tandasnya.(cr2)

You may also read!

banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...
protokol kesehatan SDN Cipayung 4

Meski PJJ, SDN Cipayung 4 Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERSIH : Kepala SDN Cipayung 4, Juanda sedang mencuci tangan di lingungan sekolahnya, Kamis (27/08).

Read More...
kelurahan duren mekar swab test

ASN Kelurahan Duren Mekar di-Swab Test

DITES : Petugas Kesehatan Puskesmas Duren Seribu melaksanakan swab test terhadap ASN dan Non ASN

Read More...

Mobile Sliding Menu