Beranda Satelit Depok Wujudkan Kampung Dawis

Wujudkan Kampung Dawis

0
Wujudkan Kampung Dawis
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK MITRA PEMKOT: Lurah Sukmajaya (kiri), mendampingi kader PKK kelurahan yang sedang mendapat pembinaan dari PKK kecamatan, Selasa (13/3).
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK
MITRA PEMKOT: Lurah Sukmajaya (kiri), mendampingi kader PKK kelurahan yang sedang mendapat pembinaan dari PKK kecamatan, Selasa (13/3).

DEPOK – Kampung Dasawisma (Dawis) menjadi perhatian hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKK. Setiap PKK di tingkat kelurahan, harus mewujudkan Kampung Dawis.

Kampung Dawis dikelompokkan menjadi tiga. Dawis religius, kreatif dan dawis bersih. Dawis religius meliputi pengajian anak, remaja dan orang tua. Sedangkan dawis kreatif terdiri dari kelompok ekonomi kreatif, mentor atau kader terlatih, serta jangkauan pemasaran luas atau internet.

Sementara dawis bersih meliputi bank sampah, pengolahan sampah organik dan anorganik, kreasi daur ulang dan nilai ekonomi dari sampah, serta warung tukar sampah.

“Tahun ini yang akan difokuskan adalah mewujudkan Kampung Dawis,” kata Sekretaris TP PKK Kecamatan Sukmajaya, Nani Kolektifa di sela memberikan pembinaan kepada PKK Kelurahan Sukmajaya, Selasa (13/3).

Nani yang juga selaku penanggung jawab PKK Kelurahan Sukmajaya dan Cisalak mengatakan, dari tiga pengelompokkan Kampung Dawis, yang menjadi sorotan adalah jangkauan pemasaran luas atau internet.

“Karena masih banyak kader yang belum paham dengan internet. Ini mungkin salah satu kesulitan kita,” katanya.

Sedangkan jangka pendek yang akan mulai diterapkan adalah warung tukar sampah. Nantinya, kata Nani, warga yang menukarkan sampah anorganik akan ditukar dengan kebutuhan pokok.

“Istilahnya sama seperti bank sampah. Tapi kalau bank sampah kan ditukar dengan uang,” kata lagi.

Namun, Nani mengakui jika hal ini sulit diterapkan. Untuk itu, PKK kecamatan akan terus memberikan support dan pembinaan kepada kader PKK kelurahan.

“Bank sampah saja masih susah dijalankan. Tapi ini (warung tukar sampah, red) program baru, kita akan coba dulu,” tandas Nani.

Sedangkan Ketua PKK Kelurahan Sukmajaya, Rostika Munandar mengatakan, hasil Rakernas PKK juga menetapkan program Pokja I sampai IV lebih ramping, alias tidak sebanyak sebelumnya.

“Ini kita lagi mengganti papan data dengan format baru hasil Rakernas. Termasuk kesekretariatan, programnya jadi sedikit,” kata istri dari Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar ini. (ram)