Beranda Pendidikan 140 Guru Sawangan Depok Belajar Bikin Soal

140 Guru Sawangan Depok Belajar Bikin Soal

0
140 Guru Sawangan Depok Belajar Bikin Soal
PEBRI/RADAR DEPOK PELATIHAN: Ketua K3S Kecamatan Sawangan, Suparnan sedang membuka kegiatan pelatihan pembuatan soal yang diadakan K2SDS Kecamatam Sawangan.
PEBRI/RADAR DEPOK
PELATIHAN: Ketua K3S Kecamatan Sawangan, Suparnan sedang membuka kegiatan pelatihan pembuatan soal yang diadakan K2SDS Kecamatam Sawangan.

DEPOK – Kelompok Kerja Sekolah Dasar Swasta (K2SDS) Kecamatan Sawangan mengadakan pelatihan untuk guru-guru SD swasta di Kota Depok, tentang bagaimana pembuatan soal ujian. Kegiatan yang diadakan di SD Muhammadiyah Sawangan tersebut, pesertanya berasal dari 14 SD swasta yang ada di Kecamatan Sawangan.

Ketua panitia, Tomi Rohili mengatakan, total guru yang ikut serta dalam kegiatan tersebut adalah 140 orang yang mengajar di SD swasta di Kecamatan Sawangan. Mereka diberikan pemahaman tentang bagaimana membuat soal yang baik dan benar sesuai dengan kisi-kisi yang berlaku.

“Intinya soal yang dibuat harus sesuai dengan tingkat kelas, dan juga materi yang diberikan selama pembelajaran,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tomi menuturkan, ada beberapa hal yang memang kadang terlewat perhatiannya oleh guru dalam membuat soal ujian untuk siswa, baik itu soal untuk Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Kenaikan Kelas (UKK), dan juga untuk ulangan harian di sekolah masing-masing. Misalnya tentang penggunaan kosakata yang tepat untuk siswa jenjang pendidikan SD.

Intinya adalah soal yang dibuat guru tidak terlalu mudah, dan juga tidak terlalu sulit.

“Terkadang penggunaan kosakatanya tidak sesuai dengan kemampuan siswa SD dalam menyerap makna kalimat di pertanyaan ujian,” katanya. (peb)