Beranda Satelit Depok 500 Pohon dan 20.000 Ikan Disebar di Situ Tujuh Muara Depok

500 Pohon dan 20.000 Ikan Disebar di Situ Tujuh Muara Depok

0
500 Pohon dan 20.000 Ikan Disebar di Situ Tujuh Muara Depok
DICKY/RADARDEPOK SEBARKEBAIKAN: Dandim 0508 Depok, Lektol Inf Iskandarmanto (kiri) saat menebar benih ikan di Situ Tujuh Muara Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
SEBARKEBAIKAN: Dandim 0508 Depok, Lektol Inf Iskandarmanto (kiri) saat menebar benih ikan di Situ Tujuh Muara Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Sebanyak 500 pohon dan 20.000 benih ikan, memenuhi area Situ Tujuh Muara Bojongsari, Kecamatan Bojongsari. Itu adalah upaya dari Kodim 0508 Depok yang ingin menjadikan situ tersebut terjaga kelestariannya, karena sebagai wadah penyerapan air.

Dandim 0508 Depok, Lektol Inf Iskandarmanto mengatakan, aksi lingkungan tersebut, juga menggandeng Pemkot Depok, dan beberapa elemen kemasyarakatan dan kepemudaan Kota Depok.

“Kami menggandeng tiga pilar Kota Depok dan seluruh elemen masyarakat peduli lingkungan dan kepemudaan Kota Depok,” ujar Iskandarmanto kepada Radar Depok, kemarin.

Pria dari kesatuan Kopassus tersebut menjelaskan, ikan dan pohon merupakan bagian dari situ. Untuk itu, pihaknya melaksanakan penanaman 500 pohon disekitar Situ Muara Tujuh dan penyemaian 20.000 benih ikan. Ada berbagai jenis pohon yang ditanam, diantaranya pohon jambu air, jambu jamaika, sukun, timbul, kecapi, rambutan, jambu biji, durian, melinjo dan berbagai tanaman keras lainnya. Sedangkan untuk benih ikan, ikan yang disemai ke dalam situ berupa ikan Nila.

Selain itu, Iskandarmanto mengungkapkan, menjaga kelestarian Situ Tujuh Muara tidak hanya tugas pemerintah daerah, namun masyarakat juga harus ikut menjaga dan merawat kelestariannya. Hal itu dikarenakan, bersih atau tidaknya situ tergantung dari kesadaran masyarakat.

Dia mengapresiasi masyarakat sekitar Situ Tujuh Muara membantu pelaksanaan kegiatan penanaman dan penyemaian benih ikan. Rencananya, penyemaian dan penanaman pohon disekitar situ akan menjadi agenda Kodim 0508 Depok tiap tahunnya.

“Situ Tujuh Muara merupakan yang pertama dan akan dilanjutkan dengan situ lainnya di Kota Depok,” terang Iskandarmanto.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris menuturkan, menjaga kelestarian situ menjadi tugas Pemkot Depok, walapun kewenangan situ naungan BWSCC. Idris menilai, Situ Tujuh Muara Bojongsari merupakan situ yang kondisinya dinilai cukup baik dari 23 situ yang ada di Kota Depok.

“Masyarakat harus ikut membantu dalam mejaga dan merawat kelestarian situ,” tutup Idris. (dic)