Beranda Satelit Depok Anak Berhak Mendapat Pendidikan yang Layak

Anak Berhak Mendapat Pendidikan yang Layak

0
Anak Berhak Mendapat Pendidikan yang Layak
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK Lurah Sukatani, Jarkasih
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
Lurah Sukatani, Jarkasih

DEPOK – Mengentaskan warga tidak mampu, khususnya anak-anak yang putus sekolah, Kelurahan Sukatani, Tapos, mengajak warganya segera mendatakan diri anaknya, agar bisa mendapat pendidikan yang layak.

Pemerintah sendiri saat ini telah memiliki program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang difungsikan untuk mengcover pendidikan anak-anak tidak mampu.

Lurah Sukatani, Jarkasih mengatakan, jika memang masyarakat yang sudah mendapat bantuan KIP maka tidak perlu lagi melaporkan diri.

Namun, kata dia, beberapa masyarakat tidak mampu juga ada yang tidak tercover KIP tersebut, sehingga anak yang seharusnya masih memiliki kewajiban pendidikan harus putus sekolah di karenakan kebutuhan ekonomi yang menghimpit orang tuanya.

“Warga yang melapor akan kami data, dan jika memang benar terbukti tidak tercover KIP dan nyatanya tidak mampu, kelurahan akan mengupayakan solusinya,” katanya.

Jarkasih menyebut, beberapa warga seperti di RW22 juga sudah ada yang melaporkan. Satu anak putus sekolah saat ini juga sudah terdata dan telah dikoordinasikan dengan sekolah yang bekerja sama. Sehingga anak tersebut bisa segera kembali menuntuk hak pendidikannya.

“Kita survei keberadaanya, dan nyatanya benar orang tuanya tidak jelas kehidupannya. Tapi masa depan anak ini masih bisa diselamatkan, sehingga kita carikan solusi dengan bekerja sama dengan sekolah,” ujarnya.

Bagi warga tidak mampu perlu melaporkan dirinya seminimal mungkin melalui RT dan RW. Perlunya kerja sama masyarakat dengan pemangku kebijakan wilayah dalam memberantas kebodohan.

“Kita harus bekerja sama untuk mewujudkan pendidikan yang baik di masyarakat khususnya di wilayah Sukatani,” ucapnya. (dra)