Beranda Utama Apresiasi Pahlawan Tak Hanya Nama Jalan

Apresiasi Pahlawan Tak Hanya Nama Jalan

0

DEPOK – Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Rezki M Noor menilai apresiasi untuk para pahlawan sudah cukup baik diberikan oleh negara. Menurutnya, pengapresiasian para pahlawan tidak hanya sebatas pemberian nama jalan. Tetapi bagaimana mengenang dan mewariskan semangat para pahlawan untuk menjaga NKRI tetap kokoh,

Saat ini pun, sudah banyak literasi terkait sejarah dan perjuangan saat masa penjajahan. Bahkan, nama-nama pahlawan pun telah dicatat dalam buku sejarah untuk terus diingat generasi mendatang terkait sepak terjang mereka.

“Tidak hanya dijadikan nama jalan saja. Ada yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, dikunjungi dan diberikan penghormatan serta doa saat hari besar nasional, diabadikan dalam gambar mata uang kita,” kata Rezki kepada Radar Depok.

Menurutnya, per November 2017 tercatat ada 173 pahlawan nasional. Jumlah tersebut terdiri dari 160 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Para pahlawan berasal dari sipil dan juga TNI/Polri.             “Mereka yang menyandang gelar pahlawan nasional tidak hanya yang berjasa di medan perang, tapi juga di bidang lain yang gaung dan manfaatnya dirasakan secara nasional,” ujar Rezki.

Untuk mengapresiasi para pahlawan pun, tidak hanya perorangan dengan menyematkan nama pahlawan tersebut sebagai nama jalan. Bahkan, setiap tahun pun kita merayakan hari Pahlawan, di hari besar nasional pun, baik hari kemerdekaan dan lainnya, pasti ada kegiatan dengan menyambangi makam pahlawan.

“Seperti HUT RI hingga HUT Depok, Pemkot Depok pun mengadakan kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di Pondok Rajek,” paparnya.

Bahkan, setiap tahun, Kementerian Sosial (Kemensos) mengapresiasi jasa-jasa dan segal pengorbananan para pahlawan dengan memberikan perhatian bagi para ahli waris dan keluarganya, baik untuk biaya hidup maupun jaminan kesejahteraannya.

“Kalau nilainya saya kurang paham saat ini berapa, tapi yang jelas ada apresiasi untuk para pahlawan, bahkan kepada keluarga pahlawan itu sendiri,” ucap Rezki.

Ia menambahkan, sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada para pahlawan adalah mengenang jasa-jasa mereka dan mewariskan semangat dari para pahlawan tersebut untuk meraih kemerdekaan dari para penjajah.

“Bagaimana meneruskan cita-cita para pahlawan agar  Indonesia tetap merdeka, maju dan dihargai oleh bangsa lain,” tandas Rezki. (cky)